Text
IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHIN AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN KANGENAN 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Risnawati, 2020, Implementasi Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and
Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Tematik di SDN Kangenan 1 Pamekasan,
Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas
Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Heni Listiana, M.Pd.I.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL),
Pembelajaran Tematik
Melalui strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL),
siswa diharapkan dalam belajar akan terasa menjadi lebih bermakna, ketika dapat
mencari tahu sendiri dan mengalami langsung pemerolehan ilmu pengetahuan,
bukan sekedar hasil pentransferan ilmu dari materi yang di pelajarinya.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi
strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam
pembelajaran tematik di SDN Kangenan 1 Pamekasan? (2) Apa saja faktor
pendukung dan penghambat dalam implementasi strategi pembelajaran Contextual
Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran tematik di SDN Kangenan 1
Pamekasan? (3) Bagaimana respon siswa terhadap strategi pembelajaran
Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran tematik di SDN
Kangenan 1 Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, adapun sumber data
dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru kelas, dan siswa. Teknik
pengumpulan data yaitu: (1) Observasi, (2) Wawancara dan (3) Dokumentasi.
Kemudian data yang sudah diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik
analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, implementasi strategi
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran
Tematik di SDN Kangenan 1 Pamekasan terdiri dari: Persiapan dengan membuat:
Prota, Promes, Pemetaan KD, Silabus, RPP, Jurnal Pembelajaran, Kisi-kisi
Penilaian Harian, Soal-soal Penilaian Harian Berdasarkan Tema, dan Analisis
Penilaian Harian. Selain itu, guru juga harus memahami terlebih dahulu materi yang
ingin diajarkan, melihat ketersediaan lingkungan, dan menyiapkan media
pembelajaran. Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan
mengecek kehadiran siswa, menyampaikan tema/subtema, tujuan, dan kegiatan
pembelajaran yang ingin dilakukan. Guru memberikan dorongan kepada siswa
supaya fokus dan siap mengikuti kegiatan pembelajaran. Guru menerapkan asasasas dari pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), yakni:
konstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi,
dan penilaian autentik. Kedua, faktor pendukung dan penghambat dalam
implementasi strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)
dalam pembelajaran tematik di SDN Kangenan 1 Pamekasan, yakni: faktor
pendukungnya: guru, sarana dan prasarana, siswa, dan lingkungan. Sedangkan,
faktor penghambatnya: waktu dan keterbatasan kemampuan siswa. Ketiga, Respon
siswa terhadap strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)
dalam pembelajaran tematik di SDN Kangenan 1 Pamekasan, mendapatkan respon
yang baik.
Tidak tersedia versi lain