Text
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS SDI INTEGRAL ULIN NUHA SOTABAR PASEAN
ABSTRAK
Wahdaniyah, penerapan strategi pembelajaran Team Quiz untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas IV mata pelajaran IPS SDI Integral Ulin Nuha Sotabar Pasean, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Heni Listiana, M.Pd.I
Kata kunci: Strategi Pembelajaran Team Quiz, Keaktifan Siswa, IPS.
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran berdasarkan data pengamatan terhadap siswa dan wawancara dengan guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan strategi pembelajaran Team Quiz. Ada dua fokus yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana penerapan strategi pembelajaran Team Quiz pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas IV SDI Integral Ulin Nuha Sotabar Pasean. Kedua, Bagaimana hasil dari peningkatan keaktifan siswa kelas IV SDI Integral Ulin Nuha Sotabar Pasean setelah diterapkannya strategi pembelajaran Team Quiz.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDI Integral Ulin Nuha Sotabar Pasean yang berjumlah 11 siswa. Akan tetapi, 1 siswa lainnya tidak bisa mengikuti pembelajaran dikarenakan harus mendapatkan bimbingan khusus dari guru khusu. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan.
Penerapan strategi pembelajaran Team Quiz di kelas IV SDI Integral Ulin Nuha Sotabar Pasean sangat membantu siswa dalam belajar dengan suasana yang menyenangkan karena dengan pembelajaran Team Quiz siswa dituntut untuk aktif dalam diskusi kelompok maupun dalam kuis kelompok. Pada siklus I siswa masih kebingungan dan kurang antusias dalam kuis kelompok dikarenakan strategi ini baru pertama kali diterapkan di kelas IV sehingga banyak siswa yang belum mencapai KKM. Beberapa siswa sibuk dengan kegiatannya masing-masing sehingga suasana belajar tidak kondusif. Pada siklus II siswa sudah aktif melakukan diskusi kelompok dan bertanya jawab dengan kelompok lain dalam penerapan strategi pembelajaran Team Quiz ini. Sehingga hasil belajar siswa sudah mencapai KKM.
Berdasarkan hasil penerapan strategi pembelajaran Team Quiz yang diperoleh pada siklus I diketahui bahwa hasil belajar siswa mencapai 50% meningkat 20% dari hasil belajar pra siklus yaitu 30%. Sedangkan hasil penerapan strategi pembelajaran Team Quiz pada siklus II persentase sebesar 80%. Meningkat 30% dari siklus I.
Oleh karena itu, perubahan dalam proses pembelajaran itu perlu dilakukan, agar siswa tidak merasa bosan, jenuh dan tetap bersemangat untuk mengikuti pembelajaran sehingga keaktifan siswa akan terus meningkat. Pembelajaran yang hanya berpusat pada guru jika selalu bahkan terus menerus digunakan tanpa adanya inovasi maka tentu akan menjadi penyebab kurang aktifnya siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar dan semangat siswa dalam pembelajaran di kelas akan menurun. Hal tersebut juga akan berpengaruh pada hasil belajar yang dicapai oleh siswa.
Tidak tersedia versi lain