Text
OPTIMALISASI PEMAHAMAN TANDA BACA PADA KARANGAN NARA SISWA KELAS VII MTS AL-HAMIDY KARANG TENGAH PALENGAAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Hartatik, 2020, Optimalisasi Pemahaman Tanda Baca Pada Karangan Narasi Siswa Kelas Vii Mts Al-Hamidy Karang Tengah Palengaan Pamekasan, Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Moh. Hafid Effendy, M.Pd.
Kata Kunci: Optimalisasi, Tanda Baca, Karangan Narasi
Tanda baca merupakan unsur penting yang harus dipahami dalam menulis atau membaca sebuah karangan. Tanda baca adalah suatu bentuk simbol yang berguna untuk membuat susunan kalimat menjadi beraturan dan untuk memberikan tekanan, nada atau intonasi pada suatu kalimat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan optimalisasi, penghambat serta upaya guru dalam pemahaman tanda baca pada karangan narasi siswa kelas VII. Tanda baca merupakan unsur penting yang harus dipahami dalam menulis atau membaca sebuah karangan. Tanda baca adalah suatu bentuk simbol yang berguna untuk membuat susunan kalimat menjadi beraturan dan untuk memberikan tekanan atau nada atau intonasi pada suatu kalimat.
Pada kajian penelitian ini akan membahas seputar ejaan, dimana persoalan ejaan bukanlah masalah yang sukar sekali kita menguasai cara menuliskan kata atau kalimat dengan baik, seharusnya kita tidak akan membuat kesalahan-kesalahan. Juga diantara yang dipaparkan adalah mengenai kata, pemakaian huruf kapital, penggunaan paragraph seta kajian tentang tanda baca yang dimulai dari pengertian dan macam-macamnya dalam penulisan karya ilmiah. Karangan narasi merupakan bentuk suatu karangan yang berusaha mengisahkan suatu kejadian atau peristiwa sehingga tampak seolah-olah pembaca melihat atau mengalami sendiri peristiwa itu
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik dan deskriosi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif, adalah data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka. Adapun lokasi penelitian adalah MTs Al-Hamidy Karang Tengah Pakengaan Pamekasan. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah teknik observasi dan wawancara. Uji keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan tringulasi teknik. Sedang tahap-tahap penelitian mengikuti pedopan kampus.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) optimalisasi pemahaman tanda baca pada karangan narasi siswa kelas VII MTs Al-Hamidy Sumber Tengah Palengaan Pamekasan sudah dilakukan oleh pihak terkait, hanya saja beluk maksimal karena ada beberapa faktor yang menjadi penghambat diantaranya adalah faktor internal dan faktor eksternal. 2) Upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengoptimalisasikan pemahaman tanda baca pada karangan narasi siswa kelas VII yaitu dengan beberapa upaya seperti memperhatikan strategi yang digunakan, metode pembelajaran serta pendekatan kepada siswa.
Tidak tersedia versi lain