Text
INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DIB SMP NEGERI 1 PADEMAWU
ABSTRAK
Mohammad Arie Budi Rahmanto 2020, Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Lingkungan
Hidup dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Pademawu,
Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbibimg , Dr.
H. Moh Muchlis Sholichin M.Ag
Kata Kunci: Integrasi Nilai-Niilai Pendidikan Lingkungan Hidup, Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam.
Permasalahan lingkungan yang terjadi pada saat ini karena kurangnya relasi
manusia dengan alam. Sehingga manusia merasa acuh terhadap kelestarian
lingkungan. Peran pendidikan sangat penting dalam menciptakan karakter manusia
yang cinta akan lingkungan. Sehingga pengintegrasian nilai-nilai Pendidikan
Lingkungan Hidup sangat penting dalam setiap pembelajaran yang ada, untuk
menciptakan karakter cinta lingkungan..
Berdasarkan hal tersebut, maka ada 3 fokus penelitian yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu 1) Apa saja Nilai-Nilai Pendidikan Lingkungan
Hidup yang diIntegrasikan dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Pademawu?,
2)Bagaimana Metode dalam mengintegrasikan nili-nili Pendidikan Lingkungan
Hidup dalam Materi PAI di SMP Negeri 1 Pademawu?, dan 3)Apa Saja Kendala
yang di hadapi oleh Guru PAI dalam mengintegrasikan nilai-nilai Pendidikan
Lingkungan Hidup dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Pademawu?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam
anilisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai-Nilai Pendidikan Lingkungan
Hidup yang diintegrasikan dalam pembelajaran PAI yaitu a) kebiasaan hidup bersih,
yang mana dalam pembelajaran PAI kebiasaan hidup bersih dijelaskan dalam materi
tentang TAHARAH, yang mana menjelaskan tentang bagaimana tatacara bersuci baik
dari hadas maupun najis. b) Selalu menjaga keseimbangan alam, yang mana dalam
pembelajaran PAI kebiasaan untuk menjaga keseimbangan alam dijelaskan dalam
materi Bab KIAMAT. Dalam materi kiamat sugro dijelaskan bagaimana cara
bersikap dan memelihara lingkungan agar tidak terjadinya bencana alam.c)
Melestarikan sumber alam, yang mana dijelaskan dalam materi tentang AMAL
SALEH. Dalam materi ini Guru PAI menjelaskan bagaimana cara beramal saleh
terhadap lingkungan sebagai implementasi keimanan siswa. 2) Metode dalam
mengintegrasikan nilai-nilai Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Materi PAI. Yaitu
dengan memberikang penjelasan dan hikmah mengenai manfaat terhadap menjaga
dan merawat lingkungan dalam pandangan Agama Islam 3) Faktor penghambat
dalam Mengintegrasikan nilai-nilai Pendidikan Lingkungan Hidup dalam
pembelajaran PAI ialah kurangnya kesadaran pada diri siswa dalam pembelajaran dan
karena pengaruh pergaulan siswa di lingkungan rumah yang kurang positif.
Tidak tersedia versi lain