Text
IMPLEMENTASI METODE PROYEK DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK TUNAS RIMBA DESA KRAMAT TLANAKAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Khomsatun, 2020 ,Implementasi Metode Proyek Dalam Mengembangkan
Kemampuan Sosial Anak Usia Dini di TK TUNAS RIMBA Desa Kramat Tlanakan
Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas
Tarbiyah, Pembimbing: Muladi, S.S.,M.Pd.
Kata kunci: Metode Proyek, Kemampuan Sosial
Metode Proyek adalah sebuah metode yang di gunakan dalam kegiatan
belajar mengajar yang berisi tentang suatu kegiatan yang membuat karya atau
produk dengan sambil bermain secara berkelompok. Salah satu lembaga yang
mengadakan kegiatan Metode Proyek ini adalah TK TUNAS RIMBA Desa
Kramat Tlanakan Pamekasan .Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan
kemampuan sosial anak didik.
Kajian pokok yang tersaji dalam penelitian ini yaitu: Pertama, bagaimana
implementasi metode proyek dalam mengembangkan kemampuan sosial anak usia
dini di TK TUNAS RIMBA Desa Kramat Tlanak Pamekasan. Kedua, bagaimana
perkembangan kemampuan sosial anak usia dini setelah diterapkannya metode
proyek di TK TUNAS RIMBA Desa Kramat Tlanakan Pamekasan. Ketiga, apa
saja faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kemampuan sosial anak
usia dini dalam implementasi metode proyek di TK TUNAS RIMBA Desa
Kramat Tlanakan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh yaitu dengan cara wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi metode proyek
dalam mengembangkan kemampuan sosial anak usia dini di TK TUNAS RIMBA
desa kramat tlanakan Pamekasan di sini ada tiga cara atau langkah yaitu 1.
persiapan/permulaan 2. pelaksanaan 3. pengambilan kesimpulan. Kedua yaitu
Bagaimana perkembangan kemampuan sosial anak usia dini setelah diterapkannya
metode proyek di TK TUNAS RIMBA desa kramat tlanakan Pamekasan yaitu,
Penerapan metode proyek memberikan kontribusi yang sangat besar pada
kemampuan sosial anak di TK TUNAS RIMBA desa kramat, terlihat dari peserta
didik yang tadinya malu untuk bermain dan berinteraksi dengan temanya, usil dan
suka memukul temannya, sudah tidak lagi seperti itu. Anak sudah mulai bisa
mengeluarkan ide-idenya dalam membuat produk atau karya dan mampu
bekerjasama, saling membantu untuk menyelasaikannya. Ketiga, faktor-faktor
yang mempengaruhi kemampuan sosial anak dalam Implementasi Metode Proyek
di TK TUNAS RIMBA desa kramat tlanakan pamekasan yaitu faktor-faktor yang
mempengaruhi ada dua, yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Dimana
faktor pendukungnya diantaranya, belajar kelompok, media pembelajaran yang
efektif, kreativitas guru, dan antusias peserta didik. Adapun faktor penghambatnya
diantaranya, sifat anak yang masih egois, tidak mau berbagi, merebut milik orang
lain, anak kurang konsentrasi terhadap penjelasan guru, anak tidak patuh atau
tidak mau mengikuti aturan, anak yang pemalu, dan ruang kelas yang sempit.
Tidak tersedia versi lain