Text
STRATEGI PROMOSI MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU CALON PESERTA DIDIK DI MTSN 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Ach Syarif Maulana, 2020, Strategi Promosi Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Calon Peserta Didik Di MTs Negeri 1 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Akh. Syaiful Rijal, S.Th.I., M.Pd.I.
Kata Kunci: Strategi Promosi Madrasah, Peningkatan Mutu.
Skripsi ini membahas tentang Strategi Promosi Madrasah dalam Peningkatan Mutu Calon Peserta Didik di MTs Negeri 1 Pamekasan. Peneliti mengangkat empat fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, Pertama, Bagaimana strategi promosi madrasah dalam peningkan mutu calon peserta didik di MTs Negeri 1 Pamekasan?, Kedua, Bagaimana Perencaan strategi promosi madrasah dalam peningkatan mutu calon peserta didik di MTs Negeri 1 Pamekasan?, Ketiga, Bagaimana Pelaksanaan strategi promosi madrasah dalam peningkatan mutu calon peserta didik di MTs Negeri 1 Pamekasan?, Keempat, Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dari strategi promosi madrasah dalam peningkatan mutu calon peserta didik di MTs Negeri 1 Pamekasan?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dari Strategi Promosi Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Calon Peserta Didik Di MTs Negeri 1 Pamekasan, perencanaan, dan pelaksanaan Strategi promosi madrasah dalam peningkatan mutu calon peserta didik di MTs Negeri 1 Pamekasan dan juga mengkaji faktor pendukung dan penghambat dari strategi promosi madrasah dalam peningkatan mutu calon peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini Waka Humas, Waka Kesiswaan, dan Komite Madrasah. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan dan triagulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) strategi promosi madrasah dalam peningkatan mutu calon peserta didik di MTs Negeri 1 Pamekasan yaitu pertama, pihak MTs Negeri 1 dalam mempromosikan madrasah dengan turun langsung kelapangan contoh halnya seperti mendatangi SD/MI, kedua, menggunakan media sosial seperti, televise, website, facebook, maupun youtube, ketiga, apabila turun langsung ke masyarakat pihak MTs Negeri 1 Pamekasan meminta bantuan kepada para komite madrasah untuk membantu mempromosikan ke masyarakat, keempat, dengan memasang baleho dan banner di sekitar area sekolah. 2) dalam perencanaan strategi promosi madrasah dalam peningkatan mutu calon peserta didik di MTs Negeri 1 Pamekasan yaitu, pertama, menyusun persiapan terlebih dahulu contoh halnya seperti pembentukan suatu tim yang di MTs Negeri 1 Pamekasan ini dalam promosinya ketika turun langsung ke lapangan terdiri dua tim yang pertama tim utara yang cakupan dalam memprosikan ke lapangan itu dari daerah Tambung-Bunder dan yang kedua tim selatan yang mana dalam cakupan promosi ke lapangan itu dari daerah Pademawu Barat-Majungan. Kedua, membentuk tim IT siapa saja yang akan dipilih dalam bagian tim IT dalam pembuatan SLIDE LED . Ketiga, tim bagian sarpras yang mana pada tim yang bertanggungjawab melengkapi apa saja yang harus disiapkan dalam mempromosikan kelapangan dan dalam promosi lembaga ke SD/MI
Tidak tersedia versi lain