Text
UPAYA GURU BIMBNGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI SISWA INTROVERT DI SMP NEGERI 1 JRENGIK
ABSTRAK
Holifah, 2020, Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Siswa
Introvert di SMP Negeri 1 Jrengik, Skripsi, Program Studi Bimbingan Konseling
Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura,
Pembimbing: H. Muhammad Jamaluddin, M. Pd.
Kata Kunci: Bimbingan Konseling, Perilaku Introvert.
Kepribadian adalah pola sifat atau karakteristik tertentu, yang relatif
permanen dan memberikan, baik konsistensi maupun individualitas pada perilaku
seseorang. Dalam ilmu psikoligi ada dua keperibadian sikap yaitu intovert dan
ekstrovert. Introvert pada intinya adalah kepribadian dasar yang lebih berorientasi
kedalam diri sendiri. Dalam bimbingan konseling tidak terlepas dengan layanan
konseling yang diberikan kepada anak introvert untuk mengatasi hambatanhambatan yang ada pada diri siswa intovert.
Berdasarkan hal tersebut ada 3 fokus penelitian yang menjadi pokok
penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana perilaku introvert siswa di smp negeri 1
jrengik. Kedua, layanan apa saja yang di berikan guru bimbingan konseling dalam
mengatasi siswa introvert siswa di smp negeri 1 jrengik. Ketiga, Bagaimana peran
guru bimbingan konseling dalam mengatasi siswa introvert di smp negeri 1
jrengik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara semi terstruktur, observasi,
dokumentasi, kemudian data tersebut di analisis dengan analisis data melalui 1.
reduksi data meliputi checking (pengecekan), editing data (pengeditan data), 2.
display data (penyajian data), 3. penarikan kesimpulan (ferivication). kemudian
seluruh data di cek keabsahannya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
pengamat dan juga triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Perilaku introvert siswa di
SMP Negeri 1 Jrengik adalah seseorang yang cenderung pendiam, pasif, tidak
terlalu bersosialisasi, hati-hati, tertutup, penuh perhatian, pesimistis, tidak bergaul,
dan lebih suka menyendiri. Kedua Layanan yang di berikan guru Bimbingan
Konseling dalam mengatasi siswa introvert yaitu bimbingan kelompok yang
diberikan kepada sekelompok siswa untuk memecahkan secara bersama masalahmasalah yang menghambat perkembangan siswa, dan layanan konseling individual
yang diberikan oleh konselor kepada seorang siswa dengan tujuan berkembangnya
potensi siswa, mampu mengatasi masalah sendiri, dan dapat menyesuaikan diri
secara positif. Ketiga Peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi siswa
introvert yaitu menjalankan tanggung jawab sebagai seorang guru BK yang
profesional, terampil dan membimbing dengan penuh ketulususan, memberikan
arahan-arahan positif yang bisa membangun kepribadian yang netral sehingga
dapat memajukan generasi SMP Negeri 1 Jrengik agar lebih berkompetensi dan
menggali dibidang apa yang peserta didik mampu.
Tidak tersedia versi lain