Text
STRATEGI GURU DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS DI MTsN 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Syaiful Andri 2020, Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTs.N 1 Pamekasan, Skripsi Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing, Dr. Buna’i S.Ag., M.Pd
Kata kunci: strategi, guru, kemampuan, menghafal.
Guru merupakan jabatan atau profesi yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru. Pekerjaan ini tidak bisa dilakukan oleh orang yang tidak memiliki keahlian untuk melakukan kegiatan atau pekerjaan sebagai guru. Tugas guru adalah mengajar dan mendidik siswa, sehingga dengan demikian tujuan akhir pendidikan bukan hanya sekedar penguasaan materi belajar, akan tetapi juga mampu meningkatkan hafalan siswa semakin baik. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs.N 1 Pamekasan; kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs.N 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data di peroleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah guru Al-Qur’an Hadits di MTs.N 1 Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekuanan pengamatan, trianggulasi dan uraian rici.
Hasil peneliti menunjukkan bahwa: pertama, strategi guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs.N 1 Pamekasan dilakukan dengan memberikan motivasi, arahan dan konsentrasi kepada siswa. kedua, faktor pendukung dan penghambat dalam menghafal pada siswa di MTs.N 1 Pamekasan yaitu faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan sekolah dan faktor lingkungan masyarakat.
Tidak tersedia versi lain