Text
IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI SMKN 1 TLANAKAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Eka Satriawati, 2020, Implementasi Supervisi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan
Kompetensi Pedagogik di SMKN 1 Tlanakan Pamekasan, Skripsi, Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura Pembimbing: Muliatul
Maghfiroh, M.Pd.I.
Kata Kunci : Implementasi, Supervisi Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik,
Guru PAI
Salah satu upaya untukmeningkatkan sumber daya manusia yaitu melalui
pendidikan. Dalam dunia pendidikan butuh tenaga pendidik yang bisa membantu
proses pendidikan dengan usaha meningkatkan kualitas perkembangan pendidikan.
Guru merupakan kompenen sumber daya manusia yang harus dibina dan
dikembangkan terus menerus. Guru perlu adanya supervisi untuk mengembangkan
potensinya. Supervisi PAI sebagai tenaga kependidikan yang diangkat untuk
menunjang penyelenggaraan pendidikan sangat dibutuhkan dalam meningkatkan
kompetensi pedagogik guru PAI.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama, bagaimana perencanaan supervisi kepala
sekolah dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru PAI di SMKN 1 Tlanakan
Pamekasan; kedua, apa saja teknik-teknik supervisi kepala sekolah dalam
peningkatan kompetensi pedagogik guru PAI di SMKN 1 Tlanakan Pamekasan;
ketiga, bagaimana implementasi supervisi kepala sekolah dalam peningkatan
kompetensi pedagogik guru PAI di SMKN 1 Tlanakan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informannya adalah kepala sekolah selaku supervisor, guru PAI dan peserta didik.
Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data, mendisplay data,
kesimpulan dan verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui ketekunan pengamatan, uraian rinci, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan supervise
kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru PAI di SMKN 1
Tlanakan kepala sekolah selaku supervisor memberikan dan menerapkan program
tahunan, program semester dan rencana kepengawasan akademik. Kedua, teknikteknik supervisi kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru PAI
di SMKN 1 Tlanakan Pamekasan kepala sekolah selaku supervisor melakukan
kunjungan kelas, observasi kelas, percakapan pribadi, mengadakan pertemuan atau
rapat, mengadakan diskusi kelompok, dan mengadakan penataran-penataran. Ketiga,
implementasi supervisi kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi pedagogik
guru PAI di SMKN 1 Tlanakan Pamekasan yaitu dengan menguasai karakteristik
peserta didik, menguasai teori pembelajaran, mengembangkan kurikulum yang
terkait dengan mata pelajaran, komuniaksi yang baik, menyelanggarakan penilaian
dan evaluasi proses hasil belajar.
Tidak tersedia versi lain