Text
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI MI NAHDLATUL ULAMA AMBUNTEN TIMUR SUMENEP
ABSTRAK
Zulfatul Muslimah, 2020, Implementasi Pendidikan Karakter Religius di MI Nahdlatul Ulama Ambunten Timur Sumenep, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Madura, Pembimbing: H. A. Ghazali, Lc. M. Hi.
Kata kunci : Implementasi Pendidikan Karakter Religius
Implementasi Pendidikan Karakter Religius merupakan salah satu model penerapan yang mengupayakan seorang peserta didik mampu untuk membiasakan melaksanakan hal-hal baik seperti halnya melaksanakan shalat dhuha, moraja’ah, hafalan juz 30, dan shalawat supaya peserta didik tidak hanya mempelajari mata pelajaran yang umum saja namun, harus pula mempelajari mata pelajaran yang berkaitan dengan agama untuk kelangsungan hidup peserta didik di dunia maupun di akhirat nanti.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana Pengimplementasian Pendidikan Karakter Religius; Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter religius.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah guru agama, guru akidah akhlak dan peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Langkah-langkah penerapan pendidikan karakter religius dilakukan dengan beberapa tahap pelaksanaan yaitu: 1)melalui proses bimbingan dari seorang guru yang bersangkutan. 2)dengan adanya pembiasaan dari peserta didik., pembiasaan disini bisa membiasakan hal yang telah dilaksanakan di sekolah, diluar sekolah ataupun di lingkungan masyarakat. Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter relegius; dan ternyata faktor pendukungnya disini ialah: dari faktor keluarga (orang tua), faktor guru, faktor lingkungan, dan faktor peserta didik sedangkan faktor penghambatnya disini ialah faktor lingkungan keluarga, faktor masyarakat dan faktor kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).
Tidak tersedia versi lain