Text
KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA MADDRASAH DALAMM MEWUJUDKAN ADIWIYATA DI MAN 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
Ameril Setiawan, 2020, Kepemimipinan Visioner Kepala Madrasah Dalam
Mewujudkan Adiwiyata di MAN 1 Pamekasan, Skripsi, Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing :
Drs. H. Saiful Arif, M.Pd.
Kata Kunci : Kepemipinan Visioner, Kepala Madrasah
Kepemimpinan visioner merupakan kemampuan seorang pemimpin dalam
mencipta, merumuskan ,mengkomunikasikan ,mensosialisasikan
,mentransformasikan dan mengimplementasikan pemikiran-pemikiran yang ideal
yang berasal dari dirinya atau sebagai hasil interaksi sosial diantara anggota
organisasi dan stakeholders yang diyakini sebagai cita-cita organisasi di masa
depan yang harus diraih atau diwujudkan melalui komitmen semua personil.
Kepemimpinan visioner merupakan pendekatan kepemimpinan yang bersifat
komprehensif karena memberikan kerangka integratif dalam memahami faktor
yang penting bagi pemimpin dan menguraikan interaksi dari beberapa aspek
secara sinergis. Pendekatan ini mengidentifikasi karakteristik dan perilaku
individu yang penting bagi pemimpin dan mengkaitkannya dengan bidang kritis
seperti efektivitas manajemen, hubungan pimpinan dengan bawahan, dan
membangun budaya organisasi.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana karakteristik
kepemimpinan visioner kepala madrasah dalam mewujudkan adiwiyata di MAN 1
Pamekasan; kedua apa saja faktor pendukung dan penghambat yang
mempengaruhi karakteristik kepemimpinan visioner kepala madrasah dalam
mewujudkan adiwiyata di MAN 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Sumber data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Jenis wawancara yang digunakan adalah wawancara tidak
terstruktur, sedangkan jenis observasi yang digunakan adalah observasi non
partisipan. Informannya adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru
dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, karakteristik
kepemimpinan visioner kepala madrasah dalam mewujudkan adiwiyata di MAN 1
Pamekasan ialah berawawasan visioner, inovatif, imajinatif, optimis, dan
komunikator yang baik. Kedua, faktor pendukung dan penghambat yang
mempengaruhi karakteristik kepemimpinan visioner kepala madrasah dalam
mewujudkan adiwiyata di MAN 1 Pamekasan yaitu faktor pendukung berupa
sumber daya manusia yang dalam hal ini adalah warga madrasah sebagai
pelaksana kegiatan, kedua adanya lahan atau lokasi sebagai tempat untuk
melaksanakan program. Sedangkan faktor penghambat berupa kesadaran warga
madrasah terhadap kebersihan lingkungan masih kurang, faktor penghambat yang
lainnya ialah berupa dana.
Tidak tersedia versi lain