Text
KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS BERBASIS PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KARAKTER DI SMP DARUS SALAM BUKEK TLANAKAN PAMEKASAN
Abstrak
Syukur, 2020. Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Perangkat
Pembelajaran IPS Berbasis Karakter di SMP Darus Salam Bukek
Tlanakan Pamekasan.
Kata Kunci : Guru, Perangkat Pembelajaran IPS, pendidikan karakter
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan guru dalam
mengembangkan perangkat pembelajaran IPS berbasis karakter, dalam hal ini
guru memiliki kemampuan baik dalam perencanaan penyusunan rencana
pelaksanaan pembelajaran di SMP Darus Salam Bukek Kecamatan Tlanakan
Kabupaten Pamekasan sehingga siswa di SMP Darus Salam memiliki karakter
yang baik meskipun tidak seluruhnya. Dalam penelitian ini terdapat dua fokus
kajian pokok. Pertama, bagaimana kemampuan guru dalam mengembangkan
perangkat pembelajaran IPS berbasis karakter di SMP Darus Salam Bukek
Tlanakan Pamekasan ? kedua, apa saja kendala guru dalam mengembangkan
perangkat pembelajaran IPS berbasis karakter di SMP Darus Salam Bukek
Tlanakan Pamekasan?
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif, sedangkan yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah guru
IPS, kepala sekolah, siswa. Sumber data yang di peroleh dari wawancara,
observasi dan dokumentasi. Untuk memperkuat hasil temuan, dilakukan cek
keabsahan data yang telah di dapat dan diolah serta dianalisis secara non statistic
melalui teknik analisis data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama kemampuan guru dalam
mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran di SMP Darus Salam
Tlanakan Pamekasan dalam hal ini guru IPS di SMP Darus Salam sudah
dikategorikan baik dalam hal perencanaannnya hal ini ditandai dengan karakter
siswa yang menjadi baik dari sebelumnya. Kedua, kendala guru IPS dalam
mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis karakter di SMP
Darus Salam Tlanakan Pamekasan. Dalam hal ini kendala guru dikarenakan latar
belakang siswa yang berbeda, selain itu, kurang keterampilan guru dalam
menemukan media yang tepat dalam pembelajaran berbasis karakter.
Tidak tersedia versi lain