Text
POLA ASUH ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK KELAS IV DI SDN KONANG 2 KECAMATAN GALIS KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Sri Wulan Purnamawati, 2020, Pola Asuh Orangtua Dalam Perkembangan Kecerdasan Emosional Anak Kelas IV di SDN Konang 2 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan”, yang disusun oleh Sri Wulan Purnamawati telah diperiksa dan disetujui untuk diuji.
Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M.Pd.I
Kata Kunci: Pola Asuh , Orang Tua, Kecerdasan Emosional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pola asuh orangtua dalam perkembangan kecerdasan emosional anak di kelas VI SDN Konang 2 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini, yaitu: pertama,
Bagaimana gambaran pola asuh orangtua anak di SDN konang 2 Galis-Pamekasan, kedua,Bagaimana gambaran signifinkansi pola asuh orangtua dalam perkembangan kecerdasan emosional anak di SDN konang 2 Galis-Pamekasan, ketiga, Faktor apa saja yang mempengaruhi signifinkansi pola asuh orangtua dalam perkembangan kecerdasan emosional anak di SDN konang 2 Galis-pamekasan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana penelitian ini berupa wawancara dan observasi berserta dokumentasi. Peneliti fokus pada kelas IV.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam observasi berupa lembar penilaian, untuk dokumentasi menggunakan kamera foto untuk mendokumentasikan segala aktivitas anak selama kegiatan, Hasil penelitian ini menunjukkanadanya signifikansi pola asuh orangtua dalam perkembangan kecerdasan emosional anak di kelas VI SDNkonang 2 kecamatan galis kabupaten pamekasan.Peneliti selalu memberikan motivasi agar anak-anak menjadi semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana penelitian ini berupa wawancara dan observasi berserta dokumentasi. Peneliti fokus pada kelas IV, karena kelas IV merupakan siswa yang mudah terpengaruh pergaulan-pergaulan yang akan membuat mereka menjadi anak nakal dan semacamnya.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam observasi berupa lembar penilaian, daftar nama siswa, catatan lapangan, profil, Struktur guru.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh orangtua sangatlah penting dalam perkembangan kecerdasan emosional anak pada kelas IV di SDN Konang 2 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan.Peneliti selalu memberikan motivasi agar anak-anak menjadi semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas.
Tidak tersedia versi lain