Text
PENERAPAN MANAJEMEN HUMAS BERBASIS MUTU DI PAUD NURUL HIKMAH PAMEKASAN
ABSTRAK
Slamet, 2020, Penerapan manajemen Humas Berbasis Mutu di PAUD Nurul Hikmah
Pameksan Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah,
untuk IAIN Madura, Pembimbing : Dr. Usman M.Pd.I
Kata Kunci: Penerapan Manajemen Humas, Mutu
Penerapan Manajemen Humas adalah mempraktikan suatu teori atau metode
untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan, teroganisasi,dilaksanakan, dan
diawasi membangun citra komunikasi yang baik dengan masyarakat. Mutu adalah
tingkat baik buruknya, ukuran, taraf atau derajat itu sendiri.
Berdasarkan hal tersebut, maka empat permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama; bagaimana pelaksanaan penerapan
manajemen humas berbasis mutu di PAUD Nurul Hikmah Pamekasan. Kedua;
bagaimana hubungan humas dengan komite sekolah dalam penerapan manajemen
humas berbasis mutu di PAUD Nurul Hikmah Pamekasan. Ketiga; Apa faktor-faktor
penghambat pelaksanaan penerapan Manejemen humas berbasis mutu di PAUD
Nurul Hikmah Pameasan. Keempat; Apa saja faktor pendukung pelaksanaan
penerapan manajemen humas berbasis mutu di PAUD Nurul Hikmah Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif yaitu penelitian yang menekankan pada kualitas atau hal-hal penting.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah Kepala sekolah PAUD Nurul Hikmah, Waka humas PAUD
Nurul Hikmah Pamekasan, Guru PAUD Nurul Hikmah Pamekasan, komite sekolah
PAUD Nurul Hikmah Pamekasan, dan wali murid PAUD Nurul Hikmah Pamekasan.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan
triangulasi. Selanjutnya data diolah dan dianalisis melalui teknik analisa data sebagi
berikut: dalam penerapan manejemen humas berbasis mutu di PAUD Nurul Hikmah
Pamekasan, seperti perencanaannya, keikut sertaan , program kegiatan dan hasil yang
di dapat dalam setiap program kegiatan agar mempunyai nilai tersendiri.
Hasil peneliti menunjukan bahwa pertama; dalam penerapan program
kegiatan humas memiliki sebuah rencana yang dimana rencana tersebut sudah
disepakati bersama dalam musyawarah, kedua; adapun pihak-pihak yang terlibat
dalam program kegiatan ini ada kepala sekolah, waka, humas, guru dan siswa.
Ketiga; program kegiatan dimana bertujuan untuk menjadikan anak didik agar
memiliki sebuah pengalaman dan ilmu pengetahuan untuk menjadikan mereka
bergunan untuk dirinya ataupun orang lain.
Tidak tersedia versi lain