Text
PENGARUH PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SISWAKELAS V SDN KANGENAN 1
ABSTRAK
Ulfatul Hasanah, 2020, Upaya Guru dalam Pemberian Motivasi Belajar Siswa di SDN Ban-Ban Pakong Pamekasan, Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Madura (PGMI), Pembimbing: Dr. H. Nor Hasan, M.Ag.
Kata Kunci: Upaya Guru, Motivasi Belajar Siswa.
Penelitian ini membahas tentang upaya guru dalam pemberian motivasi belajar siswa, banyak sekali siswa yang kurang motivasi dari tenaga pendidik atau guru. Seorang pendidik seharusnya memberikan motivasi terhadap anak didiknya agar lebih semangat lagi untuk mengikuti pembelajaran. Guru bukan hanya semata-mata mentransfer ilmu mata pelajarannya terhadap siswa akan tetapi juga sebagai motivator terhadap peserta didiknya.
Terdapat tiga hal yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu: Pertama Bagaimana gambaran motivasi belajar siswa di SDN Ban-Ban, Pakong, Pamekasan?. Kedua Bagaimana upaya guru dalam pemberikan motivasi belajar siswa di SDN Ban-Ban, Pakong, Pamekasan?. Ketiga Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi guru dalam pemberian motivasi belajar siswa di SDN Ban-Ban, Pakong, Pamekasan?.
Dalam penelitian ini lokasi yang diambil di SDN Ban-Ban, Pakong, Pamekasan, lalu data tersebut disajikan dalam bentuk laporan hasil penelitian. Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa SDN Ban-Ban. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, gambaran motivasi belajar siswa yaitu cukup bagus, siswa semangat walaupun ada sebagian siswa yang kurang semangat dalam belajar. Kedua, upaya guru dalam pemberikan motivasi belajar siswa yaitu memberikan nasehat, memberikan hadiah, belajar di luar kelas, dan belajar di perpustakaan. Ketiga, faktor-faktor yang mempengaruhi guru dalam pemberian motivasi belajar siswa yaitu minat belajar siswa, lingkungan belajar siswa (lingkungan sekolah), dan kurang kontrol dari orang tua.
Tidak tersedia versi lain