Text
UPAYA GURU MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN PANGLEGUR 3 PAMEKASAN
ABSTRAK
Indah Sari, Upaya Guru Menggunakan Pembelajaran Tematik Integratif Untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDN Panglegur 3 Pamekasan,
Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas
Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Muliatul Maghfiroh, M.Pd.I
Kata Kunci: Pembelajaran Tematik Integratif, Motivasi Belajar Siswa
Pembelajaran tematik integratif digunakan di SDN Panglegur 3 terutama
pada kelas V yang mana pembelajaran ini memadukan beberapa mata pelajaran
yang kemudian berada dalam satu tema sehingga siswa dapat belajar secara
menyeluruh, bermakna dan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Pada
kelas V ini, siswa masih kurang aktif dan merasa cepat bosan dalam
pembelajaran. Hal ini dikarenakan kurangnya motivasi atau dorongan kepada
siswa sehingga siswa kurang tertarik dalam mengikuti pelajaran dan kurangnya
keaktifan siswa sehingga dapat berpengaruh pada pengetahuan siswa.
Permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu:
pertama, Bagaimana upaya guru menggunakan pembelajaran tematik integratif
untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V di SDN Panglegur 3
Pamekasan; kedua, Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat upaya guru
menggunakan pembelajaran tematik integratif untuk meningkatkan motivasi
belajar siswa kelas V di SDN Panglegur 3 Pamekasan; ketiga, Bagaimana hasil
upaya guru menggunakan pembelajaran tematik integratif untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa kelas V di SDN Panglegur 3 Pamekasan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan
menggunakan model siklus Kemmis dan Mc. Taggart yang memiliki empat
komponen, antara lain: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Panglegur 3 dengan jumlah 21 siswa.
Teknik pengumpulan data melalui observasi serta catatan lapangan. Analisis yang
digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Keberhasilan ini
ditandai dengan adanya perbaikan dalam proses pembelajaran. Indikator
keberhasilan dalam tindakan penelitian ini adalah peningkatan motivasi belajar
siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa memberikan motivasi atau dorongan
dalam pembelajaran tematik integratif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa
kelas V SDN Panglegur 3, tahun ajaran 2019/2020. Kondisi awal motivasi belajar
siswa sebelum dilakukan penelitiaan memiliki motivasi belajar klasikal sebanyak
47% dengan kategori kurang. Setelah dilakukan penelitian tindakan pada siklus I
yakni dengan hasil observasi, diketahui hasil analisis terjadi peningkatan motivasi
belajar siswa menjadi 58% dengan kategori baik. Karena hasil penelitian pada
siklus I belum mencapai indikator keberhasilan, maka peneliti melanjutkan
penelitian pada siklu II. Setelah dilakukannya tindakan siklus II, motivasi belajar
siswa mengalami peningkatan yang sangat baik. Perbandingan dari siklus I
dengan hasil pencapaian 58% dalam kategori baik. Sedangkan hasil penelitian
siklus II yakni 82% dengan kategori sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa
peningkatan motivasi belajar siswa hasilnya sudah mencapai indikator
keberhasilan. Maka penelitian ini dihentikan pada siklus II.
Tidak tersedia versi lain