Text
HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SD PLUS NURUL HIKMAH PAMEKASAN
ABSTRAK
Nining Hoirul Latifah, 2020,Hubungan antara Kemampuan Membaca dengan
Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas IV di SD Plus
Nurul Hikmah Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura,
Pembimbing:Fatimatuz Zahroh, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Soal Cerita Matematika
Membaca adalah kunci utama dalam proses pendidikan. Sedangkan
kemampuan membaca adalah kesanggupan dan kecakapan, serta kesiapan
seseorang untuk memahami gagasan-gagasan dan lambang atau bunyi bahasa
yang ada dalam sebuah teks bacaan yang disesuaikan dengan maksud dan tujuan
si pembaca untuk mendapatkan amanat atau informasi yang diinginkan.
Kemampuan membaca tidak hanya diperlukan peserta didik dalam mengikuti
mata pelajaran Bahasa Indonesia saja, namun hampir semua mata pelajaran
membutuhkan kemampuan membaca, termasuk mata pelajaran matematika yang
sebagian besar berkaitan dengan kegiatan berhitung.
Dalam penelitian ini, kemampuan membaca pemahaman diartikan sebagai
kemampuan dalam memperoleh makna, memahami dan mengetahui informasi
dari soal cerita matematika. Soal cerita matematikaadalah soal matematika yang
disajikan dalam bentuk cerita pendek, dimana cerita tersebut dapat diungkapkan
berupa masalah kehidupan sehari-hari atau masalah lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan
membaca dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas
IV di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Jenis penelitian yang peneliti gunakan
adalah jenis penelitian korelasi (Correlation Research) dengan populasi siswa
kelas IV di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan sebanyak 110 siswa. Sampel
diambil sebanyak 22 siswa dengan teknik strata purposive random sampling. Tes
digunakan sebagai instrumen penelitian. Data dianalisis menggunakan statistika
deskriptif dan analisis inferensial (Analisis Korelasi Product Moment).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, diperoleh rhitung = 0,645. Kemudian
nilai tersebut dibandingkan dengan rtabel dengan taraf signifikan 5%, untuk df = N-
2 = 22-2 = 20. Dilihat dari nilai rtabel untuk df 20 adalah 0,423. Sehingga rhitung =
0,645 lebih besar dari rtabel= 0,423. Karena rhitung> rtabel atau 0,645 > 0,423, maka
Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada hubungan antara kemampuan
membaca dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas
IV di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Besar pengaruh variabel bebas atau
kemampuan membaca sebesar 41,6% terhadap variabel terikat yaitu kemampuan
menyelesaikan soal cerita matematika. Jadi, semakin tinggi kemampuan membaca
maka akan diikuti dengan semakin tinggi pula kemampuan menyelesaikan soal
cerita matematika
Tidak tersedia versi lain