Text
MANAJEMEN PENERIMAAN PESRTA DIDIK BARU DI MTsN 2 PAMEKASAN
ABSTRAK
Luttiyah, 2020, Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru di MTsN 2 Pamekasan,
Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah,
Pembimbing Dr. Mohammad Thoha, M. pd. I
Kata Kunci : Manajemen. Penerimaan, Peserta didik
Manajemen penerimaan peserta didik sangat penting dilakukan oleh lembaga
pendidikan untuk mendapatkan calon peserta didik yang berkualitas. Penerimaan
peserta merupakan kegiatan sangat penting dilakukan disekolah karena apabila tidak
ada penerimaan maka sekolah tidak akan mendapatkan peserta didik, dan jika hal ini
terjadi maka eksitensi sekolah akan meurun. Sehingga dalam waktu yang tidak lama
sekolah akan ditutup.
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini
yaitu : (1) Bagaimana perencanan peneriman peserta didik baru di MTsN 2
Pamekasan. (2) Bagaimana pelaksanaan penerimaan pesrta didik baru di MTsN 2
Pamekasan. (3) Siapa saja yang terlibat dalam Penerimaan Peserta didik baru. Tujuan
penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui perencanan peneriman peserta didik baru
di MTsN 2 Pamekasan. (2) Untuk Mengetahui pelaksanaan penerimaan pesrta didik
baru di MTsN 2 Pamekasan. (3) Untuk Mengetahui siapa saja yang terlibat dalam
Penerimaan Peserta didik baru.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif
dan jenisnya deskriptif. Data yang diperoleh yaitu dengan cara wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru, Staff TU dan siswa.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Perencanaan
dilakukan dengan cara penetapan daya tampung yang menyesuaikan dengan
kebijakan pemerintah. Serta menetapkan syarat-syarat penerimaan calon peserta
didik, persiapan media informasi, dan yang terakhir persiapan administrasi dan sarana
dan prasarana. Pelaksanaan penerimaan peserta didik baru dilakukan dengan
pembentukan panitia dan pembagian tugas masing – masing. Setelah itu membentuk
tim seleksi penerimaan, menentukan waktu seleksi, dan yang terakhir adalah
pengumuman hasil seleksi. Yang terlibat dalam penerimaan peserta didik baru di
yaitu guru dan staff TU yang telah dibentuk oleh kepala madrasah karena tidak
semua guru dan staff TU bisa menjadi panitia penerimaan peserta didik baru.
Tidak tersedia versi lain