Text
UAYA GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUIMETODE BERMAIN PADA ANAK DI P[AUD MIFTAHUL ULUM PROPPO KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Melani Mega Susanti, 2020, Upaya Guru dalam Menanamkan Pendidikan
Karakter Melalui Metode Bermain pada Anak di PAUD Miftahul Ulum Proppo
Pamekasan. Skripsi, Program Studi PIAUD, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura,
Pembimbing : Drs.Mosleh Habibullah, M.Pd
Kata kunci : Upaya Guru, Pendidikan Karakter, Metode Bermain
Skripsi ini menjelaskan tentang upaya guru dalam menanamkan
pendidikan karakter melalui metode bermain pada anak di PAUD Miftahul Ulum
Proppo Pamekasan. Dalam penelitian ini ada beberapa masalah yang dibahas
peneliti Pertama, upaya guru dalam menanamkan pendidikan karakter melalui
metode bermain pada anak di PAUD Miftahul Ulum Proppo Pamekasan. Kedua
tentang faktor pendukung guru dalam menanamkan karakter melalui metode
bermain di PAUD Miftahul Ulum Proppo Pamekasan. Ketiga faktor penghambat
guru dalam menanamkan karakter melalui metode bermain di PAUD Miftahul
Ulum Proppo Pamekasan. Dan keempat manfaat dalam menanamkan karakter
melalui metode bermain pada anak di PAUD Miftahul Ulum Proppo Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas di PAUD Miftahul Ulum Proppo
Pamekasan. Kemudian sumber data tersebut di analisis untuk mencapai tujuan
akhir melalui beberapa tahapan yang sudah ditentukan dengan menggunakan
teknik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
peneliti, dan triangulasi.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, upaya yang dilakukan guru
dalam menanamkan pendidikan karakter melalui metode bermain berjalan dengan
baik sesuai tujuan yang diinginkan oleh guru, walaupun sebenarnya masih
terdapat faktor penghambat akan tetapi tidak menjadi penghalang dalam proses
penanaman karakter pada anak. Kedua, faktor pendukung guru dalam
menanamkan karakter melalui metode bermain di PAUD Miftahul Ulum Proppo
Pamekasan antara lain adalah media pembelajaran yang efektif, kreativitas guru,
tekhnik mengajar guru yang menarik, dan antusias dari peserta didik. Ketiga,
faktor penghambat guru adalah sifat anak yang masih labil tidak patuh aturan,
cenderung pemalu, usia anak yang masih dini dan sarana bermain yang kurang.
Dan keempat, Manfaat dari penanaman pendidikan karakter melalui metode
bermain pada anak adalah anak lebih semangat belajar, suasana kelas menjadi
hidup, melatih mental anak, anak dapat berperilaku atau bersikap baik,
mengembangkan kepercayaan diri anak dst.
Mengingat pentinnya menanamkan pendidikan karakter ini maka
disarankan bagi guru lembaga pendidikan untuk selalu memberikan motivasi
kepada anak agar selalu bersikap baik dan guru harus selalu menjadi contoh yang
baik. Agar lebih optimal disarankan para guru bekerja sama dengan wali murid
untuk menanamkan karakter dalam lingkup keluarga. Disarankan juga bagi orang
tua hendaknya selalu mendukung kegiatan yang ada di sekolah, memberikan
bimbingan, motivasi, contoh yang baik, dan memantau setiap gerak gerik anak,
karena pendidikan anak merupakan kewajiban orang tua.
Tidak tersedia versi lain