Text
STRATEGI PEMBELAJARAN CALISTUNG UNTUK MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK USIA DINI DIRA AN-NAJAH DESA MATAN AIR KECAMATAN RUBARU KABUPATEN SUMENEP
ABSTRAK
Nurul Qomariyah, 2020, Strategi Pembelajaran Calistung Untuk Mengembangkan Aspek
Kognitif Anak Usia Dini di RA An-Najah Desa Matanair Kecamatan Rubaru Kabupaten
Sumenep,Skripsi, Program Studi Islam Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas
Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Nina Khayatul
Virdyna, M. Pd.
Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Calistung, Aspek Kognitif
Strategi adalah suatu pola yang direncanakan dan ditetapkan secara sengaja
untuk melakukan kegiatan atau tindakan mencakup tindakan kegiatan, siapa yang
terlibat dalam kegiatan, isi kegiatan, proses kegiatan, dan sarana penunjang kegiatan.
Keterlibatan guru sangat penting dalam proses belajar mengajar agar guru dapat
mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap pelajaran yang diberikan
guru. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini yaitu: pertama, strategi apa saja yang digunakan guru dalam
pembelajaran calistungi di RA An-Najah Desa Matanair Kecamatan Rubaru Kabupaten
Sumenep?, kedua, bagaimana peran guru dalam pembelajaran calistung di RA An-Najah
Desa Matanair Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep?, ketiga, apa saja strategi
pembelajaran calistung pada AUD?.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis
data yang digunakan yaitu reduksi data, Display data (penyajian data), dan kesimpulan
verifikasi data.Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan, triangulasi.
Setelah peneliti melakukan penelitian di RA An-Najah Desa Matanair Kecamatan
Rubaru Kabupaten Sumenep dapat disimpulkan pertama, strategi yang digunakan guru
dalam pembelajaran calistung di RA An-Najah Desa Matanair Kecamatan Rubaru
Kabupaten Sumenep antara lain adalah strategi pembelajaran langsung (ekspositori),
strategi pembelajaran kelompok, dan strategi pembelajaran individual. Kedua, peran
guru dalam pembelajaran calistung di Desa Matanair Kecamatan Rubaru Kabupaten
Sumenep antara lain adalah peran guru sebagai informator, pembimbing, fasilitator dan
motivator. Ketiga, manfaat pembelajaran calistung untuk AUD di RA An-Najah Desa
Matanair Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep antara lain adalah menambah
pembendaharaan kosa kata anak, mengembangkan motorik halus anak,
mempersiapkan anak masuk pada jenjang selanjutnya atau SD, melatih kesabaran anak
dan melatih daya pikir anak.
Tidak tersedia versi lain