Text
STRATEGI PEMBELAJARAN SAINS DALAM PENGEMBANGAN KREATIFITAS ANAK USIA DINI DI PAUD MARDHATILLAH KECAMATAN PASEAN KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Dzikriyatun, 2020 Strategi Pembelajaran Sains dalam Pengembangan Kreativitas
Anak Usia Dini di PAUD Mardhatillah Kecamatan Pasean Kabupaten
Pamekasan, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah,
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing Dr. H. Nor Hasan, M.
Ag.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Sains, Kreativitas
Strategi yaitu suatu pola yang direncanakan dan ditetapkan secara sengaja
untuk melakukan kegiatan atau tindakan mencakup tujuan kegiatan, siapa yang
terlibat dalam kegiatan, isi kegiatan, proses kegiatan, dan sarana penunjang
kegiatan. Keterlibatan guru sangat penting dalam proses belajar mengajar agar
guru dapat mengetahui seberapa paham peserta didik terhadap pelajaran yang
diberikan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama, Apa saja strategi yang
digunakan guru dalam pembelajaran sains di PAUD Mardhatillah Kecamtan
Pasean Kabupaten Pamekasan?, kedua, Bagaimana langkah-langkah guru dalam
penerapan strategi pembelajaran Sains pada anak di PAUD Mardhatillah
Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan?, ketiga, Apa saja faktor pendukung
dan penghambat dalam penerapan pembelajaran Sains di PAUD Mardhatillah
Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan?.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, paparan data, dan
penarikan kesimpulan/ verifikasi. Sedangkan tekhnik pengecekan keabsahan data
dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan peeliti,
dan triangulasi.
Setelah peneliti melakukan penelitian di PAUD Mardhatillah Kecamatan
Pasean Kabupaten Pamekasan dapat disimpulkan pertama, Strategi yang
digunakan guru dalam pembelajaran sains di Paud Mardhatillah Kecamtan Pasean
Kabupaten Pamekasan antara lain adalah strategi pembelajaran individual dan
strategi pembelajaran kelompok. Kedua, Langkah-langkah guru dalam penerapan
strategi pembelajaran Sains pada anak di Paud Mardatillah Kecamatan Pasean
Kabupaten Pamekasan antara lain adalah menggunakan 5 M Mengamati,
menanya, mengupulkan, mengasosiasi dan mengomunikasikan. Ketiga, Faktor
pendukung dan penghambat dalam penerapan pembelajaran Sains di Paud
Mardatillah Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan antara lain adalah tekhnik
mengajar guru yang menarik, antusias peserta didik, dan media pembelajaran
yang efektif. Adapun faktor penghambatnya adalah sifat anak yang masih agresif,
tidak mau berbagi, merebut milik orang lain, anak tidak patuh atau tidak mau
mengikuti aturan, usia anak yang masih terbilang dini, dan rendahnya kreatifitas
guru.
Tidak tersedia versi lain