Text
GAME ONLINE DAN EFEK PROBLEMATIKANYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KELAS VII MTsN 2 PAMEKASAN
ABSTRAK
NOR AINI, 2020, Game Online dan Efek Problematikanya Terhadap Motivasi
Belajar Siswa Kelas VII MTsN 2 Pamekasan, Program Studi Bimbingan dan
Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri
Madura, Pembimbing Dr. H. Atiqullah. S.Ag, M.Pd
Kata kunci: Game online, Motivasi
Penelitian ini dilatar belakangi game online dan efek problematikanya
terhadap motivasi belajar siswa yang mana game itu sendiri merupakan sesuatu
yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada
yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengan alasan untuk
menghibur diri. Kini banyak orang yang melakukan aktivitas sehari-harinya
dengan bermain game online melalui gadgenya.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada 3 fokus penelitian yang menjadi pokok
penelitian ini yaitu: Pertama, Bagaimana jenis-jenis game online yang sering
digunakan oleh siswa kelas VII MTsN 2 Pamekasan. Kedua, Bagaimana efek
negatif dari game online terhadap motivasi belajar siswa kelas VII MTsN 2
Pamekasan. Ketiga, Bagaimana upaya guru BK dalam game online terhadap
motivasi belajar siswa pada kelas VII MTsN 2 Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan berjenis penelitiannya
adalah deskriptif. Tekhnik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data
ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data
penelitian meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi.
Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data peneliti melakukannya berdasarkan
derajat kepercayaan yang meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Jenis-jenis game online yang
sering digunakan oleh siswa, (a) Siswa kelas VII MTsN 2 Pamekasan yang sering
bermain game online menggunakan permainan yang berjenis free fire, pubg dan
mobile lagend, (b) Siswa kelas VII MTsN 2 Pamekasan yang gemar bermain
game menggunakan permainan yang berbasis online bukan offline. Kedua, efek
negatif dari game online terhadap motivasi belajar siswa, (a) Tidak mengenal
waktu dalam bermain game online, (b) Penglihatan mata mulai terganggu, (c)
Dari segi keuangan mengajarkan pemborosan, (d) Merasa kesulitan yang mau
bersosial dengan orang lain. Ketiga, upaya guru BK dalam game online terhadap
motivasi belajar siswa, (a) Melarang siswa membawa hp ke sekolah MTsN 2
Pamekasan, (b) Guru bimbingan dan konseling melaksanakan bimbingan
konseling dengan menggunakan pendekatan behavioral yang tekhniknya self
manajement kepada siswa yang candu dengan game online, (c) Guru bimbingan
dan konseling memberikan bimbingan kelompok serta memberikan layanan
informasi terkait siswa yang candu game online.
Tidak tersedia versi lain