Text
INPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VII MTs MABDAUS SHOLAH SEDDUR PAKONG PAMEKASAN
ABSTRAK
Wardatul Isnaini, 2020, Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran IPS Kelas VII MTs Mabdaus Sholah Seddur Pakong Pamekasan, Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Siti Azizah, M.Pd.
Kata Kunci: Pendekatan saintifik, Kurikulum 2013, Pembelajaran IPS
Dalam pembaharuan proses pembelajaran kurikulum 2013 terletak pada pembelajaran yang menekankan pada dimensi pedagogic modern yaitu pendekatan saintifik. Dalam praktik pembelajaran penggunaan pendekatan saintifik digunakan dalam langkah-langkah strategi pembelajaran yang dikenal dengan strategi pembelajaran 5M yang terdiri atas kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Pendekatan saintifik dapat diterapkan melalui pembelajaran tematik, yang mana pembelajaran ini menggabungkan berbagai macam mata pelajaran salah satunya mata pelajaran IPS. Pembelajaran IPS harus terbebas dari penyajian yang monoton dan hanya menerima apa yang diberikan guru saja. Maka dari itu, kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik diarahkan untuk memberdayakan semua potensi peserta didik menjadi kompetensi yang diharapkan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana implementasi pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran IPS kelas VII MTs Mabdaus Sholah Seddur Pakong Pamekasan; kedua, apa saja kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran IPS kelas VII MTs Mabdaus Sholah Seddur Pakong Pamekasan beserta solusinya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Aktifitas analisis dalam penelitian ini meliputi kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, dalam pelaksanaan proses implementasi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPS kelas VII di MTs Mabdaus Sholah Seddur Pakong Pamekasan, guru IPS telah melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan rencana pembelajaran kurikulum 2013 dan telah memenuhi kaidah pendekatan saintifik, mulai dari aktifitas 5M yaitu mengamati, menanya, menalar, mengumpulkan data, serta mengkomunikasikan. Hal ini terlihat oleh peneliti pada proses kegiatan pembelajaran guru beserta siswa sama-sama aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Kedua, Dalam pelaksanaan implementasi pendekatan saintifik masih terdapat kendala yang dihadapi oleh guru diantaranya kendala dalam sarana sekolah, kemudian kendala efektifitas penggunaan waktu dan juga kendala dari siswa sendiri. Meskipun masih terdapat kendala dalam penerapan pembelajarannya guru IPS juga telah memberikan solusi yaitu melakukan inisiatif sendiri dalam menghadapi kendala terbatasnya sarana dan prasarana maupun dalam kendala alokasi waktu, dan juga kendala pada siswa.
Tidak tersedia versi lain