Text
STRATEGI KEPALA MADRASAH MENYIAPKAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN DALAM MEWUJUDKAN MADRASAH UNGGUL DI MA MATSARTUL HUDA PANEMPAN PAMEKASAN
v
ABSTRAK
Lailatul Fitriyani, 2016. “Strategi Kepala Madrasah Menyiapkan Administrasi Pendidikan dalam Mewujudkan Madrasah Unggul di MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan”, Skripsi, Program studi MPI, Jurusan Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Fathol Haliq, S. Ag., M.Si.
Kata Kunci: Strategi Kepala Madrasah, Administrasi Pendidikan, mewujudkan Madrasah unggul
Kepala madrasah memiliki peran yang kuat dalam mengkoordinasikan, menggerakkan, dan menyerasikan semua sumber daya pendidikan yang tersedia di sekolah. Kepala sekolah dikatakan sebagai seorang pemimpin yang efektif bila mana kepala sekolah mampu menjalankan proses kepemimpinannya yang mendorong, mempengaruhi dan mengarahkan kegiatan dan tingkah laku kelompoknya. Insiatif dan kreatifitas kepala sekolah yang mengarahkan kepada kemajuan sekolah.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada 3 permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam peneltian ini, yaitu: pertama, bagaimanakah bentuk strategi kepala madrasah menyiapkan administrasi pendidikan dalam mewujudkan madrasah unggul di MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan; kedua, faktor apa saja yang mendukung dan menghambat strategi kepala madrasah menyiapkan administrasi pendidikan dalam mewujudkan madrasah unggul di MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan; ketiga, bagaimana upaya yang dilakukan untuk menghilangkan penghambat strategi kepala madrasah menyiapkan administrasi pendidikan dalam mewujudkan madrasah unggul di MA Matsaratul Huda Panempan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, informannya adalah kepala sekolah, Ka TU, guru, siswa dan waka kurikulum. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dengan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi yang dilakukan dalam mewujudkan sekolah unggul adalah dengan peningkatan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan, peningkatan kulaitas prestasi akademik dan non akademik, serta peningkatan program unggulan Al-Miftah Lil Ulum. Kedua, faktor pendukung untuk mewujudkan sekolah unggul adalah semua pendidik rata-rata S1 sesuai dengan bidang yang diampu, sekolah mempunyai program pendidkan dan pembagian tugas yang jelas, serta dukungan dari yayasan komite. Faktor penghambatnya adalah masih rendahnya motivasi belajar siswa, sebagian sumberdaya pegawai belum maksimal dalam menjalankan tugas dan ketersedian dana masih kurang. Ketiga, upaya yang dilakukan mengintensifkan, menciptakan suasana pembelajaran yang menarik, memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi, mengikutsertakan pegawai yang bersangkutan dalam kegiatan pelatihan.
Tidak tersedia versi lain