Text
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL KELAS VIII DALAM PELAJARAN IPS DI SMPN 1 TLANAKAN KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Wakiatul Horriyah, 2020, Penerapan Media Pembelajaran Audio-Visual Kelas VIII
dalam Pembelajaran IPS di SMPN 1 TLANAKAN Pademawu Pamekasan, Skripsi,
Program Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Drs. Moh Mashur Abadi, M.Fil.I
Kata Kunci: Media, Audio-visual, Pembelajaran IPS
Guru merupakan pendidik profesional dengan tugas, mendidik, membimbing,
mengarakan, melatih, menilai dan mengevaluasi siswa begitupun dengan penggunaan
media, seperti media Audio visual yang memilki dua aspek yaitu dengan pendengaran
dan penglihatan seperti pembelajaran memakai video bergerak.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini,
yaitu (1) Bagaimana Penerapan media pembejaran IPS kelas VIII di SMPN 1
Tlanakan (2) Bagaimana Respon siswa dalam penerapan pembelajaran IPS kelas VIII
di SMPN 1 Tlanakan.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Penerapan media
pembelajaran Audio-Visual di Kelas VIII dalam Pembelajaran IPS di SMPN 1
Tlanakan Pamekasan. (2) Untuk mengetahui Respon siswa dalam Penerapan
pembelajaran IPS.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis
penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan
dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan media Audio-visual di
SMPN 1 Tlanakan berjalan dengan Efektif melalui prosedur yang ada serta dibantu
dengan keterampilan guru pengajar (2) respon siswa menunjukkan sangat antusias,
bersemangat serta mampu menarik minat dalam pembelajaran IPS kelas VIII di
SMPN 1 Tlanakan.
Tidak tersedia versi lain