Text
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN KE AGAMAAN DI MI MARDHATILLAH SANALAOK WARU PAMEKASAN
ABSTRAK
Sufiyatun, 2020, Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan
Keagamaan Di Mi Mardhatillah Sanalaok Waru Pamekasan. Pembimbing. Dr. H.
Muhammad Kosim, M.Ag
Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan karakter, dan kegiatan keagamaan
Pendidikan karakter di sekolah dasar merupakan pondasi awal bagi
pembentukan karater suatu bangsa. Rentannya pendidikan karakter saat ini sangat
meresahkan orang tua dan pendidik, pendidikan di sekolah MI Mardhatillah telah
menerapkan pendidikan karakter melalui rangkaian kegiatan keagamaan yang ada
di sekolah. Kegiatan keagamaan di sekolah MI Mardhatillah dilaksanakan sebagai
upaya pelaksanaan program sekolah yakni membentuk lulusan yang unggul
prestasi berdasarkan iman dan taqwa serta menumbuh kembangkan sikap dan
amaliyah keagamaan islam.
Maka dari itu,penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi
pendidikan karakter siswa melalui kegiatan keagamaan di MI Mardhatillah
dengan fokus penelitian yang dikaji adalah 1) Bagaimana Implementasi
Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan Di MI Mardhatillah
Sana Laok Waru Pamekasan? 2) Kendala Apa Saja Yang Dihadapi Dalam
Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan Di MI
Mardhatillah Sana Laok Waru Pamekasan? 3) Cara Mengatasi Kendala Yang
DihadapiDalam Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan
Keagamaan Di MI Mardhatillah Sana Laok Waru Pamekasan?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
kualitatif deskriptif. Informannya adalah kepala sekolah, pendidik dan peserta
didik. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Implementasi pendidikan
karakter siswa melalui kegiatan keagaman di MI Mardhatillah sanalaok waru
pamekasan yaitu melalui sholat dhuha berjamaah, doa sebelum memulai dan
sesudah melaksanakan pembelajaran, mengaji surat yasin dan waqiah, infaq,
tahfidz atau menghafal juz amma, pesantren kilat, dan peringatan hari-hari besar
islam serta pengajian akbar. Nilai- nilai karakter yang ditanamkan melalui
kegitan-kegiatan keagamaan tersebut ialah nilai religius, disiplin, tanggug jawab,
jujur, gemar membaca, peduli sosial dan kerja keras. Kendala kendala yang
dihadapi dalam Implementasi pendidikan karakter siswa melalui kegiatan
keagaman di MI Mardhatillah ialah pengawasan kegiatan yang kurang maksimal,
dan kurangnya semangat siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan. Cara
mengatasi kendala tersebut ialah menghukum berdiri di depan kelas sampai
selesai membaca surat taubat, dengan memberi teguran pada siswa dan
melaporkannya pada pengasuh dan wali siswa. Sedangkan untuk mengatasi
pengawasan yang kurang maksimal yaitu dengan memaksimalkan kerjasama antar
guru demi ketertiban siswa dalam melaksanakan kegiatan keagamaan.
Tidak tersedia versi lain