Text
PENERAPAN METODE SPEED READING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA KRITIS CERPEN SISWA KELAS VII DI MTS NEGERI II PAMEKASAN
v
ABSTRAK
Haris Dahlan, 2020, “Penerapan Metode Speed Reading dalam Pembelajaran Membaca Kritis Cerpen Siswa kelas VII di MTsN II Pamekasan“, Skripsi, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura Pamekasan, Pembimbing: Moh Hafid Effendy, M.pd
Kata Kunci : Metode Speed Reading, Membaca Kritis Cerpen
Membaca adalah salah satu kebutuhan dari berbahasa. Setiap kita membaca ada beberapateknik dengan caratidak di latar beakangi oleh suatu pemahaman yaitu dengan teknik “Speed Reading”. Membaca cepat “Speed Reading” merupakan salah satu jenis membaca yang mengutamakan kecepatan dan daya serap terhadap isi bacaan, yang mana mata kita bergerak dengan cepat melihat dan memperhatikan bahan tertulis untuk mencari serta mendapatkan informasi tertentu.
Berdasarkan hal tersebut, maka yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini: pertama, bagaimana penerapan metode speed reading pada siswa kelas VII di MTsN II pamekasan. kedua, apa sajakah faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan speed reading pada siswa kelas VII di MTsN II pamekasan. ketiga, Bagaimana solusi guru dalam mengatasi faktor penghambat dalam penerapan metode speed reading pada siswa kelas VII di MtsN II pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah Guru Bahasa indonesia, serta siswa MTsN II pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan uraian rinci.
Hasil temuan penelitan: menunjukkan bahwa: pertama penerapan metode speed reading pada siswa kelas VII di MTsN II pamekasan, yaitu memberikan arahan tentang materi membaca kritis, kedua, memberikan gambaran mengenai penerapan metode speed readig, ketiga, memberi motifasi siswa dalam pembelajaran, keempat, guru membimbing siswa dalam pembelajaran membaca, kelima, memberikan penjelasan kepada siswa yang belum paham mengenai materi yang dipelajari, faktor pendukung dalam penerapan penerapan metode speed reading pada siswa kelas VII di MTsN II pamekasan: pertama, fasilitas cukup memadai buku dan perpus sudah tersedia, kedua, sebagian siswa ikut berpartisipasi dalam pembelajaran, ketiga, memberikan tugas kepada siswa, keempat, menjelaskan dengan baik, kelima, lingkungan sekolah yang kondusif, kendala dalam penerapan metode speed reading pada siswa kelas VII di MTsN II pamekasan: pertama, banyak siswa yang malas membaca, kedua, siswa belum menguasai materi, ketiga, guru terlalu monoton saat menjelaskan materi pembelajaran, solusi guru dalam mengatasi faktor penghambat dalam penerapan metode speed reading pada siswa kelas VII di MTs Negeri II Pamekasan pertama yaitu memberikan dukungan, memiliki kostaka yang luas, memiliki konsntrasi yang baik, motivasi dan nasehat kedapa siswa dengan tujuan untuk bisa lebih mahir dalam membaca cepat.
Tidak tersedia versi lain