Text
PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL ISLAMI DALAM PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERCERITA,BERMAIN,MENYANYI DAN MEMBIASAKAN MENGAJI SEBELUM MASUK KELAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ULUM DESA PLAKPAK KECAMATAN PEGANTENAN KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Nafilatur Rahmah, 2020, Penanaman Nilai-Nilai Moral Islami Dalam Pembelajaran Dengan Menggunakan Metode Bercerita, Bermain, Menyanyi Dan Membiasakan Mengaji Sebelum Masuk Kelas Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Desa Plakpak Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Tarbiyah,Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Dr.Buna’i, S.Ag., M.Pd.
Kata Kunci:Nilai–Nilai Moral Islami, Metode Bercerita,Bermain Dan Menyanyi
Nilai-nilai moral islami ialah mengajarkan tentang kejujuran, tanggung jawab, dan ketidakmihakan mengandung kewajiban. Sedangkan metode bercerita adalah metode pembelajaran yang dapat memberikan manfaat positif bagi perkembangan anak. metode bermain adalah salah satu kesukaan mayoritas anak secara normal. metode menyanyi yaitu Menumbuhkan minat dan menguatkan daya tarik pembelajaran.Dari penjelasan diatas muncul beberapa fokus penelitan sebagi berikut pertama, Bagaimana upaya guru untuk menanamkan nilai-nilai moral Islami Dalam Pembelajaran dengan menggunakan metode Bercerita, Bermain,Menyanyi Dan membiasakan mengaji sebelum masuk kelas Di MI Darul Ulum Desa Plakpak Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan.Kedua, Bagaimana kendala yang dihadapi guru dalam menanamkan nilai-nilai moral islami Dalam Pembelajaran di MI Darul Ulum Desa Plakpak Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan. Ketiga Bagaimana keberhasilan metode Bercerita, Bermain,Menyanyi Dan membiasakan mengaji sebelum masuk kelas dengan Nilai-Nilai Moral Islami di MI Darul Ulum Desa Plakpak Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan.
Dalam Penelitian Ini Pendekatan Yang Digunakan Oleh Peneliti Adalah Pendekatan Kualitatif Deskiptif. Adapun Prosedur Pengumpulan Data Melalui Wawancara, Observasi, Dan Dukomentasi, Sedangkan Yang Menjadi Sumber Data Yaitu Kepala Sekolah, Dan Guru MI Darul Ulum. Adapun Peneliti Menganalisis Data ; Reduksi Data ,Data Display (Penyajian Data), Conclusion Drawing / Verification. Dan Peneliti Mengecek Keabsahan Data Dengan Cara Perpanjangan Pengamatan ;Ketekunan Peneliti; Triangulasi.
Hasil penelitian, temuan dan pembahasan menunjukkan bahwa: pertama, penanaman nilai-nilai moral islami dalam pembelajaran dengan menggunakan metode bercerita,bermain,menyanyi dan membiasakan mengaji sebelum masuk kelas, serta dibiasakan berdo’a sebelum dan sesudah belajar. Kedua, kendala yang dihadapi guru dalam menanamkan nilai-nilai moral islami dalam pembelajaran yaitu guru menegur siswa, memberikan hukuman atau sangsi kepada siswa dengan cara menyediakan tempat duduk khusus yang berdekatan dengan bangku guru agar siswa tersebut tidak menganggu siswa lain. Ketiga, keberhasilan metode bercerita mengajarkan tentang banyak kebaikan sehingga anak bisa meniru sifat-sifat terpuji yang dimiliki oleh nabi dan rosul,bermain bisa tertanam dalam diri mereka sikap mandiri serta tanggung jawab terhadap apa yang dia lakukan, menyanyi anak mudah mengetahui terhadap pesan-pesan moral yang disampikan guru, sehingga apa yang disampaikan oleh guru tentang nilai-nilai moral islami mudah dikenal dan ditiru dan membiasakan mengaji sebelum masuk kelas yaitu dapat menanamakan nilai-nilai religius pada diri siswa seperti sikap saling mengahargai dan menghormati satu sama lain.
Tidak tersedia versi lain