Text
UPAYA MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL THINK-PAIR-SHARE DI KELAS IV DI SDN PANGLEGUR 2 TLANAKAN PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2019-2020
ABSTRAK
Hatijatul Monaweroh, 2019, Upaya Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar Pelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Think-Pair-Share Di Kelas IV Di SDN Panglegur 2 Tlanakan Pamekasan Tahun pelajaran 2019-2020, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, FakultasTarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M. Pd.I.
Kata kunci: Ketuntasan Belajar , Model Think-Pair-Share.
Ada 2 fokus permasalahan dalam kajian penelitian ini, yaitu:
a) Bagaimanakah respon belajar siswa terhadap pembelajaran Matematika dengan menggunakan Model Think-Pair-Share pada pokok bahasan bangun datar kelas IV di SDN Panglengur 2 Tlanakan Pamekasan Tahun Pelajaran 2019-2020?
b) Bagaimanakah ketuntasan belajar siswa terhadap pembelajaran Matematika dengan menggunakan Model Think-Pair-Share pada pokok bahasan bangun datar kelas IV di SDN Panglengur 2 Tlanakan Pamekasan Tahun Pelajaran 2019-2020?
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model yang dikembangkan oleh Steppen Kemmis dan Robbin MC Taggart yang berlokasi di SDN Panglegur 2 Tlanakan Pamekasan Tahun pelajaran 2019-2020, dengan subjek penelitian siwa kelas IV yang terdiri dari 36 siswa dan objeknya adalah pelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari tanggal 13 agustus sampai 4 september 2019. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, angket dan dokumentasi.
Ada 2Hasil analisis dalam penelitian ini,
a) Hasil respon siswa terhadap pembelajaran Matematika dengan menggunakan Model Think-Pair-Share pada pokok bahasan bangun datar kelas IV di SDN Panglengur 2 Tlanakan Pamekasan Tahun Pelajaran 2019-2020, yakni menunjukkan respon positif yang diperoleh melalui angket yang diajukan terhadap siswa dengan rata-rata prosentase siswa yang menyatakan “ya” ≥ 70% yakni sebesar 82,93%, sedangkan rata-rata prosentase siswa yang menyatakan “tidak” ≤ 70% yakni sebesar 16,77%.
b) Hasil ketuntasan belajar siswa terhadap pembelajaran Matematika dengan menggunakan Model Think-Pair-Share pada pokok bahasan bangun datar kelas IV di SDN Panglengur 2 Tlanakan Pamekasan Tahun Pelajaran 2019-2020 dapat dilihat dari meningkatnya ketuntasan belajar siswa pada pra siklus, siklus I, dan siklus II yang mana hasinya sebagai berikut: pra siklus prosentase ketuntasan siswa sebesar 36,11%, sedangkan prosentase ketuntasan siswa pada siklus I adalah sebesar 66,66%, kemudian meningkat lagi ketuntasan siswa pada siklus II sebesar 88,88%. Peningkatan ketuntasan belajar siswa juga diikuti dengan peningkatan rata – rata siswa yaitu pada pra siklus sebesar 57,35 meningkat pada siklus I yaitu menjadi 67,08, dan meningkat lagi pada siklus II yaitu sebesar 83,75.
Tidak tersedia versi lain