Text
MANAJEMEN KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI MI AN-NAJAH 1 KARDULUK PRAGAAN
ABSTRAK
M. Didi Tirmidzi, 2020, Manajemen kegiatan keagamaan dalam mengembangkan
kecerdasan spiritual peserta didik di MI An-Najah I Karduluk Pragaan, Skripsi
Program Studi MPI, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing Dr. H. Mohammad Muchlis
Solichin, M. Ag.
Kata Kunci: Manajemen, Kegiatan Keagamaan, Kecerdasan Spiritual
Lembaga pendidikan merupakan wadah bagi peserta didik untuk
mengembangkan kemampuan atau kecerdasannya, salah satunya adalah
kecerdasan spiritual. Dalam pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik,
lembaga pendidikan melakukan upaya dengan mengadakan kegiatan-kegiatan
yang mengarah kepada pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik berupa
kegiatan keagamaan. Untuk melakukan kegiatan keagaman, maka dibutuhkan
sebuah manajemen yang baik. Karena dengan manajemen yang baik meliputi
perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi, maka sebuah kegiatan akan
berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan dan dituju.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada empat pembahasan yang menjadi
fokus dalam penelitian ini, yaitu: pertama, perencanaan kegiatan keagamaan
dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di MI An-Najah I
Karduluk, Pragaan; kedua, pelaksanaan kegiatan keagamaan dalam
mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik di MI An-Najah I Karduluk,
Pragaan; ketiga, pengawasan kegiatan keagamaan dalam mengembangkan
kecerdasan spiritual peserta didik di MI An-Najah I Karduluk, Pragaan; keempat,
evaluasi kegiatan keagamaan dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta
didik di MI An-Najah I Karduluk, Pragaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif
karena data yang diperoleh berupa kata-kata bukan angka. Sedangkan sumber data
diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah
kepala sekolah, guru dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui triangulasi, perpanjangan kehadiran dan ketekunan pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan kegiatan
keagamaan dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik yaitu,
merencanakan dan menentukan tujuan yang ingin dicapai, menentukan kegiatankegiatan yang akan dilaksanakan, menentukan materi yang akan digunakan dan
merencanakan jadwal kegiatan tersebut. Kedua, pelaksanaan kegiatan keagamaan
dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik yaitu melakukan apa
yang sudah direncanakan sebelumnya, seperti melaksanakan kegiatan tahfidz
juz’amma, sholat dzuhur berjemaah, dan penyempurna materi agama, juga dari
materi yang digunakan ataupun melaksanakan sesuai dengan jadwal yang sudah
dibuat. Ketiga, pengawasan kegiatan keagamaan dalam mengembangkan
kecerdasan spiritual peserta didik yaitu melakukan pengamatan atau mengawasi
secara langsung kegiatan tersebut, sehingga dapat diketahui kegiatan tersebut ada
penyimpangan, kendala, masalah atau tidak. Keempat, evaluasi kegiatan
keagamaan dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik yaitu
menilai apakah kegiatan tersebut berjalan sesuai dengan harapan atau tidak, dan
Tidak tersedia versi lain