Text
PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR SISWA DI SMK SUMBUR BUNGUR PAKONG PAMEKASAN
ABSTRAK
Moh. Ashari Pratama, 2020. Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk
Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Di SMK Sumber Bungur Pakong
Pamekasan, Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas
Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Dr.
Mohammad Thoha, M.Pd.I
Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok dan Perencanaan Karir
Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya pemahaman siswa tentang
perencanaan karir, dalam hal ini sangat diperlukan penanganan khusus untuk
mengembangkan perencanaan karir yang harus dilakukan oleh guru BK melalaui
layanan BK yaitu layanan Bimbingan Kelompok. Ada tiga fokus yang menjadi
kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana pelaksanaan
layanan Bimbingan Kelompok dalam meningkatkan Perencanaan karir siswa di
SMK Sumber Bungur pakong Pamekasan? Kedua, Apa saja faktor penghambat
pelaksanaan layanan Bimbingan Kelompok dalam meningkatkan Perencanaan
karir siswa di SMK Sumber Bungur pakong Pamekasan? Ketiga, Apa saja faktor
pendukung pelaksanaan layanan Bimbingan Kelompok dalam meningkatkan
Perencanaan karir siswa di SMK Sumber Bungur pakong Pamekasan?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di
SMK sumber Bungur Pakong Pamekasan. Teknik yang digunakan dalam prosedur
pengumpulan data ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Aktifitas dalam
analisis data penelitian meliputi reduksi data, display data, dan
kesimpulan/verifikasi. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data peneliti
melakukannya berdasarkan derajat kepercayaan yang meliputi perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Pelaksanaan bimbingan
kelompok dalam mengembangkan perencanaan karir siswa dilakukan oleh guru
BK melalui beberapa tahapan. tahap pelaksanaan konseling individu yaitu: 1).
Tahapan pembentukan kelompok, dimana guru BK membentuk kelompok yang
terdiri dari 8-10 orang, 2). Tahap peralihan diamana guru BK mengajak siswa
untuk membahas materi atau topik yang sudah disiapkan., 3). Tahap kegiatan,
dalam taha kegiatan ini guru BK mengajak siswa untuk membaca atau guru BK
langsung menjelaskan materi dan setelah dijelaskan guru BK mengajak siswa
untuk berdiskusi 4). Tahap penyimpulan, dalam tahapan ini tiap anggota
kelompok menyimpulkan materi yang sudah dijelaskan 5). Setelah tahapan
penyimpulan yaitu tahap penutupan. Kedua, faktor penghambat pelaksanaan
bimbingan kelompok dalam mengembangkan perncanaan kari siswa melitputi, 1).
Tidak adanya jam masuk kelas bagi guru BK, 2). Tidak adanya ruang konseling,
3). Kurang aktifnya anggota kelompok Ketika berdiskusi atau mengutarakan
pendapat. Ketiga, faktor pendukung pelaksanaan kegiatan bimbingan kelompok
dalam mengembangkan perencanaann karir siswa meliputi: 1) adanya alat ungkap
masalah, 2) adanya bentuk kerja sama antara guru BK dan guru mapel dan juga
wali kelas.
Tidak tersedia versi lain