Text
KOMUNIKASI PUBLIK DALAM SOCIAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI SMP SABILILLAH SAMPANG
ABSTRAK
Moh. Imron, 2020, Skripsi berjudul Komunikasi Publik Dalam Social Marketing
Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di SMP Sabilillah Sampang yang
disusun, Skripsi Program Studi MPI, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing Dr. R.
Agoes Kamaroellah, M.Si.
Kata Kunci: Komunikasi Publik, Social Marketing, Partisipasi Masyarakat.
Pendidikan merupakan suatu upaya yang sangat urgen dalam berbagai
dinamika yang terjadi dilingkungan masyarakat. Mengingat bahwa segala
persoalan yang terjadi dimasyarakat tentu membutuhkan solusi yang mampu
memecahkan masalah tersebut. Segala persoalan yang terjadi sangat relevan
ketika dimulai dari pendidikan. Bagaimana pendidikan itu sendiri mampu
memberi peran baik terhadap keberlangsungan hidup dimasyarakat. Diketahui
masyarakat juga merupakan elemen yang membantu dalam mensukseskan proses
pembelajaran. Bagaimana pendidikan berupaya membangun keharmonisan
dengan masyarakat dengan menjalin komunikasi yang baik.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua pembahasan yang menjadi fokus
dalam penelitan ini, yaitu: Pertama, Bagaimana bentuk komunikasi publik dalam
social marketing untuk meningkatkan pertisipasi masyarakat di smp sabilillah
sampang. Kedua; Apa saja faktor komunikasi publik dalam social marketing
untuk meningkatkan pertisipasi masyarakat di smp sabilillah sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah Kepala Sekolah, Guru, dan Masyarakat. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi, perpanjangan kehadiran
dan peningkatan ketekunan atau kegigihan peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Bentuk komunikasi publik
dalam social marketing untuk meningkatkan pertisipasi masyarakat yaitu dengan
medsos seperti website, youtube, instagram yang digunakan dalam beritetraksi
secara tidak langsung. Dengan dilaksanakannya santunan anak yatim, pembagian
daging Qurban, dan gratis sekolah sampai lulus bagi anak yatim piatu. Kedua,
Faktor yang melatar belakangi komunikasi publik dalam social marketing untuk
meningkatkan pertisipasi masyarakat yaitu ingin memberikan pelayanan prima
terhadap masyarakat sehingga partisipasi tumbuh dalam masyarakat. Kebutuhan
sekolah untuk kemudian menjalin hubungan harmonis dengan masyarakat.
Sekolah juga menyadari bahwa kesuksesan lembaga juga disokong oleh
bagaimana peran masyarakat terhadap lembaga.
Tidak tersedia versi lain