Text
PENERAPANMEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKAT HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SEKOLAH DASAR PLUS NURUL HIKMAH PAMEKASAN
ABSTRAK
Ayu Andriani, 2020, Penerapan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar Plus Nurul Hikmah
Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas
Tarbiyah IAIN Madura, Pembimbing: Dr. H. Nor Hasan, M. Ag.
Kata kunci: Media Puzzle, hasil belajar
Puzzle merupakan bentuk permainan yang menantang daya kreatifitas dan
ingatan siswa lebih mendalam dikarenakan munculnya motivasi untuk senantiasa
mencoba memecahkan masalah, namun tetap menyenangkan sebab bisa di ulangulang. Tantangan dalam permainan ini akan selalu memberikan efek ketagihan untuk
selalu mencoba, mencoba dan terus mencoba hingga berhasil. Bermain dapat
memberikan kesempatan kepada anak untuk berfikir dan bertindak imajinatif serta
penuh daya khayal yang erat hubungannya dengan perkembangan kreatifitas anak.
Proses kemerdekaan anak akan memberi kemampuan lebih pada anak untuk
mengembangkan fikirannya mendapatkan kesenangan dan kemenangan dari bentuk
permainan tersebut.
Berdasarkan permasalah tersebut, maka ada dua fokus penelitian yang
menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana proses
penerapan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran
IPA kelas V di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan?.Kedua, Bagaimana keberhasilan
media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V
di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informasinya adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa. Analisis data yang peniliti
lakukan yakni mereduksi data (pengecekan dan pengeditan data), penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, langkah-langkah dalam menerapkan
media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu, menjelaskan sekilas
tentang meteri serta tata cara yang harus siswa lakukan, membentuk tim/kelompok
(satu kelompok terdiri dari 4-5 siswa), memberikan kertas dan potongan-potongan
gambar yang sudah di acak, memberikan kesempatan seluwas mungkin kepada semua
siswa dari masing-masing tim yang sudah di bentuk melakukan diskusi/tukar
pendapat kemudian mengerjakan tantangan media puzzle tersebut, terakhir merefleksi
jawaban setiap kelompok. Kedua, keberhasilan dalam menerapkan media puzzle
untuk meningkatlan belajar siswa, dapat dilihat dari keaktifan belajar siswa dan
semangat belajar dari bukti autentiknya yaitu penilaian yang diberikan oleh guru.
Tidak tersedia versi lain