Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMPN 2 LARANGAN
ABSTRAK
Norfitria Mahmuda, 2020, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
STAD Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Kelas VIII
SMPN 2 Larangan, Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Social,
Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Akh. Syaiful Rijal, S.Th.,I.,
M.Pd.I.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, STAD, Pembelajaran IPS, Motivasi
Pembelajaran IPS merupakan pembelajaran yang mengharuskan pendidik
untuk mengingat dan terus menerima pembelejaran lain. Proses pembelajaran
yang monoton seperti sistem ceramah seringkali di jadikan acuan pembelajaran
seorang pendidik untuk menyampaikan suatu materi. Pembelajaran kooperatif
adalah istilah umum untuk sekumpulan stategi pengajaran yang mana
menekankan pada pembelajaran bersama dengan cara menyusun kelompok kecil
Berdasarkan kedua hal tersebut, maka permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: Apakah model pembelajaran kooperatif tipe
STAD berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS
kelas VIII SMPN 2 Larangan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa Kuisioner tertutup merupakan
angket atau daftar pertanyaan dengan alternative pertanyaannya telah disediakan
oleh peneliti. Kuisioner jenis ini dinilai lebih efektif karena responden dapat
langsung membubuhkan tanda centang (√) dalam kolom yang telah disediakan
dan masing-masing diberi lima alternatif jawaban sebagai standart penilaian
yaitu sangat setuju, setuju, ragu-ragu dan tidak setuju. Informan dalam
penelitian ini adalah kepala sekolah, guru IPS, staff TU dan para siswa yang
menerima pembelajaran kooperatif tipe STAD sedangkan validitas dan
reabilitas dalam penelitian ini peneliti menggunakan bantuan aplikasi SPSS
versi 16.00
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa metode pembelajaran kooperativ tipe STAD yang diterapkan oleh
seorang guru dapat menjadi motivasi tambahan bagi siswa. Demikian adalah
pembahasan tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD
terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS Kelas VIII SMPN 2
Larangan. Setelah dipadukan dan dibandingkan kajian teori dengan hasil
penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS
Kelas VIII SMPN 2 Larangan dengan interpretasi sedang.
Tidak tersedia versi lain