Text
PENGOLAHAN PERPUSTAKAAN TERINTEGRASI MELALUI E-LIBRARY DI MTS NEGERI 3 PAMEKASAN
ABSTRAK
Sufiyandi, 2020, Pengelolaan Perpustakaan Terintegrasi Melalui E-Library Di
MTs Negeri 3 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam,
Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Dr. Buna’i, S.Ag. M.Pd
Kata Kunci : Pengelolaan Perpustakaan, E-Library
Penelitian ini dilatar belakangi oleh lembaga MTs Negeri 3 Pamekasan yang
sekarang sudah menuju madrasah digital, di dalam sistem lembaga sebagian besar
sudah menggunakan sistem digital termasuk di perpustakaan, dimana dalam
pengelolaan perpustakaan di MTs Negeri 3 Pamekasan sudah menerapkan
perpustakaan digital atau E-Library.
berdasarkan hal tersebut, maka ada empat permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana perencanaan
pengelolaan perpustakaan terintegrasi melalui E-Library di MTs Negeri 3
Pamekasan, kedua bagaimana pelaksanaan pengelolaan perpustakaan terintegrasi
melalui E-Library di MTs Negeri 3 Pamekasan, ketiga apa saja kendala yang
dihadapi dalam pengelolaan perpustakaan terintegrasi melalui E-Library di MTs
Negeri 3 Pamekasan, keempat bagaimana solusi yang di ambil untuk menghadapi
kendala dalam pengelolaan perpustakaan terintegrasi melalui E-Library di MTs
Negeri 3 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengen jenis penelitian
deskriptif. Sumber data yang diperoleh dengan menggunakan wawancara,
observasi dan dokumentasi, jenis wawancara yang dipilih adalah wawancara
terstruktur dan tidak terstruktur, sedangkan jenis observasi menggunakan observasi
non partisipan. Informannya adalah kepala madrasah, kepala perpustakaan,
operator perpustakaan, dan guru di MTs Negeri 3 Pamekasan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama perencanaan dari pengelolaan
perpustakaan terintegrasi melalui E-Library di MTs Negeri 3 Pamekasan dimulai
dengan merencanakan fungsi dan tujuan dari E-Library itu sendiri lalu di lanjutkan
dengan pengetrian data ke dalam server, kedua pelaksanaan pengelolaan
perpustakaan terintegrasi melalui E-Library di MTs Negeri 3 dengan menggunakan
tablet, dalam pencarian buku sudah menggunakan katalog digital, dan dalam
pengapsenan siswa sudah menggunakan finger print, ketiga ada beberapa kendala
dalam pengelolaan perpustakaan terintegrasi melalui E-Library yakni, keterbatasan
jaringan, sarana yang masih kurang, serta kuranya SDM yang sangat paham tentang
teknologi, keempat solusi yang diberikan untuk menghadapi kendala dalam
pengelolaan perpustakaan terintegrasi melalui E-Library di MTs Negeri 3
Pamekasan adalah dengan menggunakan offline jadi tidak perlu menggunakan
jaringan internet, dan masih berusaha untuk menambah jumlah sarana seperti tablet
dan komputer.
Tidak tersedia versi lain