Text
PENGARUH HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK TERHADAP AKHLAK MULIA SISWA DI MADRASAH DINIYAH NURUL FALAH BUGIH PAMEKASAN
BSTRAK
Skripsi dengan judul “Pengaruh Hasil Belajar Aqidah Akhlak Terhadap Akhlak
Mulia Siswa di Madrasah Diniyah Nurul Falah Bugih Pamekasan tahun 2019 /
2020” ini ditulis oleh Naili Suudiyatil Masfufah Nim. 18201301010222 jurusan
Pendidikan Agama Islam fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri ( IAIN )
Pamekasan pembimbing oleh Drs. H. Zainol Hasan, M. Ag.
Kata kunci : Hasil belajar, Aqidah, Akhlak Mulia.
Belajar merupakan kegiatan yang paling pokok dalam proses pendidikan,
ini berarti bahwa berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak
bergantung bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa. Setiap siswa
memiliki cara belajarnya masing – masing, dalam hasil belajar ini siswa memiliki
kemampuan dan pengalaman belajar yang mana hasil belajar tersebut dapat
merubah atau membentuk tingkah laku dan karakter dalam diri siswa tersebut.
Dari hasil belajar tersebut siswa akan memiliki kemampuan dasar dalam
memahami ilmu agama yang kemudian diharapkan dapat membentuk akhlak yang
mulia dalam diri siswa.
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk : (1). Mengetahui pengaruh hasil
belajar siswa.
(2). Pengaruh hasil belajar aqidah akhlak siswa. (3). Pengaruh akhlak mulia siswa
dalam perilaku di sekolah Madrasah Diniyah Nurul Falah Bugih Pamekasan.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, sampel penelitian adalah
kelas IV, V, VI di Madrasah Diniyah Nurul Falah Bugih Pamekasan. Metode
pengumpulan data adalah angket. Angket digunakan sebagai data primer / utama
yaitu dengan maksud untuk mengetahui korelasi hasil belajar aqidah akhlak
terhadap perilaku siswa. Metode analisis data menggunakan analisis data statistik
korelasi Product moment, karena data yang diperbolehkan dianalisis adalah
berbentuk angka – angka.
Tidak tersedia versi lain