Text
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DI MTS NEGERI 3 PAMEKASAN
ABSTRAK
Fajrin, Sania 2020.Implementasi Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional di MTs Negeri 3 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura, Pembimbing Dr. H. Moh. Muchlis Solichin, M.Ag
Kata Kunci : Implementasi, Kurikulum 2013, Kecerdasan Emosional
Pendidikan merupakan investasi sumber daya manusia jangka panjang yang mempunyai nilai strategis bagi kelangsungan peradaban manusia di dunia. Oleh sebab itu, pendidikan penting sebagai sarana untuk meningkatkan peserta didik secra emosional.Pendidikan dalam kurikulum 2013 diharapkan mampu menyeimbangkan komponen kecerdasan emosional secara komperhensif.
Berdasarkan hal tersebut, ada dua fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana implementasi kurikulum 2013 dalam meningkatkan kecerdasan emosional di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pamekasan, 2) faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kurikulum 2013 dalam meningkatkan kecerdasan emosional di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pamekasan.
Penelitian ini juga memakai pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Adapun prosedur pengumpulan data yang diperoleh dengan melalui wawancara, observasi dan hasil dokumentasi. Sedangkan informannya adalah kepala madrasah, guru, dan waka kurikulum Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan keikut sertaan, penggunaan bahan referensi, dan triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama,Implementasi kurikulum 2013 dalam meningkatkan kecerdasan emosional di Madrash Tsanawiyah Negeri 3 Pamekasan diterapkan sebuah pembelajaran di dalam kurikulum untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Dimana dalam pelaksanaan kurikulum 2013 itu menekankan pada pendidikan karakter.Jadi, pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pamekasan dirancang untuk meningkatkan kemampuan siswa secara emosional.kedua, faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kurikulum 2013 dalam meningkatkan kecerdasan emosional di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pamekasan., faktor pendukung yaitu, a) cukup tersedianya sarana dan prasarana dalam mendukung proses pembelajaran, b) memprioritaskan pembentukan karakter siswa khususnya karakter emosional, c) siswa di Madrasah banyak yang tinggal di pesantren dilingkungan sekolah, d) siswa disiplin dan tepat waktu serta lingkungan sekolah sangat religius dan kondusif.Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, a) guru merasa kesulitan dalam mengadakan penilaian proses pembelajaran karena siswa mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, adanya perbedaan latar belakang siswa baik dari lingkungan keluarga atau lingkungan masyarakatnya, adanya siswa yang sering terlambat masuk kelas, orang tua yang tidak ikut berperan aktif yang hanya mengandalikan sekolah sebagai tempat dimana anaknya belajar.
Tidak tersedia versi lain