Text
STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN SARANA PRASARANA MELALUI DANA KOPERASI SEKOLAH DI SMP ISLAM NURUL JADID PANGLEGUR
ABSTRAK
Farindatul Jannah, 2020, Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Sarana
Prasarana Melalui Dana Koperasi Sekolah Di SMP Islam Nurul Jadid Panglegur
Pamekasan, Skripsi Progam Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas
Tarbiyah, Pembimbing: Dr. H. Atiqullah, S.Ag, M.Pd
Kata Kunci: Kepala Sekolah, Koperasi Sekolah, Sarana Prasarana, Strategi
Kepala sekolah mempunyai kewenangan untuk membuat keputusankeputusan penting yang terkait dengan kemajuan sekolah. Kepala sekolah perlu
melakukan terobosan dan inovasi untuk kemajuan sekolah. Pengadaan sarana dan
prasarana dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan program pemerintah dan
swadaya sekolah. Program pemerintah dapat dilakukan dengan cara pengajuan
proposal bantuan sekolah. Sedangkan cara swadaya sekolah dilakukan dengan
cara memanfaatkan semua potensi sekolah. Kepala sekolah dapat mengadakan
dan meningkatkan sarana prasarana sekolah dengan menggunakan dana koperasi
sekolah.
Penelitian ini memfokuskan pada deskripsi inisiasi/gagasan kepala sekolah
dalam memanfaatkan dana koperasi sekolah untuk meningkatkan sarana prasarana
di SMP Islam Nurul Jadid Panglegur Pamekasan, faktor pendukung dan
penghambat dan sejauh mana pemanfaatan dana koperasi sekolah dalam
membiayai sarana dan prasarana sekolah.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
deskripsi inisiasi/gagasan kepala sekolah memanfaatkan dana koperasi sekolah
dalam meningkatkan sarana prasarana di SMP Islam Nurul Jadid Panglegur
Pamekasan, faktor pendukung dan penghambat dan sejauh mana pemanfaatan
dana koperasi sekolah dalam membiayai sarana dan prasarana sekolah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa inisiasi/gagasan kepala sekolah
memanfaatkan dana koperasi sekolah adalah adanya keterbatasan jumlah sarana
dan prasarana sehingga tidak sesuai dengan jumlah siswa yang ada. Sarana dan
prasarana yang ringan dapat dipenuhi dari koperasi sekolah. Pengadaan secara
swadaya sudah mendapat persetujuan dari semua komponen sekolah yang terdiri
dari kepala sekolah, guru dan masyarakat. Faktor pendukung dalam proses ini
adalah koperasi sekolah di SMP Islam Nurul Jadid berjalan dengan baik dan dapat
memberikan manfaat bagi siswa. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan jumlah
omzet koperasi sekolah yang terus mengalami perkembangan. Koperasi sekolah di
SMP Islam Nurul Jadid hanya fokus pada satu usaha utama yaitu menyediakan
kebutuhan siswa di sekolah. Jenis sarana dan prasarana sekolah yang dapat
diadakan dan ditingkatkan dengan dana koperasi sekolah adalah spidol
whiteboard, penghapus, bola, net, peralatan sound sistem dan pengadaan
komputer. Sedangkan faktor penghambatnya adalah ketidaksamaan persepsi
tentang rencana yang disampaikan kepala sekolah. Transparansi pelaporan
penggunaan dana. Inventarisasi sarana dan prasarana kurang tertib. Pemanfaatan
dana koperasi sekolah dapat digunakan untuk pengadaan sarana dan prasarana
sekolah. Namun pemanfaatan dana koperasi sekolah tidak boleh mengganggu
kinerja koperasi sekolah itu sendiri. Pemanfaatan dana koperasi sekolah harus
melalui perencanaan, pengadaan, inventarisasi, pemeliharaan dan pengawasan
dari semua komponen sekolah.
Tidak tersedia versi lain