Text
PARTISIPASI ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI MAMBAUL ULUM III TOBAI TIMUR SOKOBANAH SAMPANG
ABSTRAK
Tsuwaibatul Islamiyah,2020, Partisipasi Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Mi Mambaul Ulum III Tobai Timur Sokobanah Sampang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing : Dr. Achmad Muhlis, MA
Kata kunci : Partisipasi orang tua, meningkatkan prestasi belajar
Partisipasi orang tua dalam pendidikan anak termasuk dalam meningkatkan prestasi belajar dianggap sangat penting, karena orang tua juga termasuk dalam tripusat pendidikan, selain itu orang tua adalah madrasah utama yang menentukan masa depan anak dan juga penanggung jawab utama dalam pendidikan anak.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana Bentuk partisipasi orang tua dalammeningkatkan prestasi belajar anak; Kedua, Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat partisipasi orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Mambaul Ulum III Tobai Timur Sokobanah Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru, orang tua dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Bentuk partisipasi orang tua dalammeningkatkan prestasi belajar anak: pertama, berbentuk finansial.Kedua, berbentuk bimbingan . Ketiga, Bentuk partisipasi orang tua dalammeningkatkan prestasi belajar anak.Dan yang terakhir, mengatur waktu . kedua faktor-faktor pendukung dan penghambat partisipasi orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa: faktor pendukung: Pertama,merasa sudah tanggung jawab.kedua, ingin anknya sukses dan mmpunyai kehidupan yang lebih layak melalui pendidikan. Ketiga, ingin mengembangkan potensi anak. Faktor penghambat: pertama, adalah dari anak itu sendiri, yakni karena mereka sulit unyuk dingatkan, malas belajar sehingga mengakibatkan orang tua malas untuk mengarahkan dan membimbingnya. Kedua, karena orang tua terlalu sibuk untuk bekerja sehingga tidak mempunyai waktu maksimal. Ketiga, kebanyakan orang tua beranggapan bahwa pendidikan disekolah sudah dianggap cukup, dan yang terahir,latar pendidikan orang tua.
Tidak tersedia versi lain