Text
UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS IX DI SMPN 8 PAMEKASAN
ABSTRAK
Rosikhatul Fanniyah, 2020, Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan
Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas IX di SMPN 8 Pamekasan, Skripsi, Program
Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri,
Pembimbing: Sri Nurhayati, M.Pd.
Kata Kunci: Guru PAI, Meningkatkan, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Penenlitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 8 Pamekasan, terdapat beberapa siswa kelas IX yang
masih kurang fasih dan benar dalam membaca Al-Qur’an. Berdasarkan fenomena
tersebut Guru pendidikan agama Islam perlu upaya meningkatkan kemampuan
membaca Al-Qur’an siswa supaya siswa mempunyai kemampuan dalam
membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu:
1). Bagaimana kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas IX di SMPN 8
Pamekasan. 2). Bagaimana program guru PAI dalam meningkatkan kemampuan
membaca al-Qur’an siswa kelas IX di SMPN 8 Pamekasan. 3). Apa faktor
pendukung dan penghambat upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan
membaca al-Qur’an siswa kelas IX di SMPN 8 Pamekasan.
Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dengan pegumpulan data
melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini
adalah Kepala Sekolah, Guru PAI kelas IX, sebagian guru/wali kelas IX dan
sebagian siswa kelas IX. Aanalis data menggunakan pengumpulan data, reduksi
data, menyajikan data, verifikasi dan Pengecekan keabsahan data menggunakan
ketekunan pengamatan, uraian rinci dan triangulasi.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, Kemampuan
membaca al-Qur’an siswa kelas IX di SMPN 8 Pamekasan yaitu keseluruhan
tergolong cukup baik atau sedang, ada yang sudah mampu baik tajwid dan
makharijul hurufnya, ada pula ada yang sudah mampu membaca namun kurang
dalam tajwid dan makharijul huruf serta ada yang masih belum bisa semuanya
baik dalam membacanya maupun tajwid dan makharijul huruf. Kedua, Upaya
yang dilakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca alQur’an siswa kelas IX yaitu, membaca surat-surat pendek dan doa bersama-sama
sebelum memulai pelajaran. Selanjutnya ada pembinaan baca tulis Qur’an dengan
waktu 1 jam dalam seminggu. Kemudian guru PAI menggunakan jam istirahat
sebagai jam tambahan dalam membimbing siswa yang belum bisa membaca alQur’an dengan baik dan benar dilakukan pada semester ganjil dan yang terakhir
guru PAI mengingatkan siswa dan bekerjasama dengan orang tua/ustad untuk
belajar membaca al-Qur’an yang didampingi orang tua/ustad di rumah masingmasing. Ketiga, Faktor pendukung guru PAI dalam meningkatkan kemampuan
membaca al-Qur’an siswa kelas IX di SMPN 8 Pamekasan yaitu pembiasaan
membaca surat-surat pendek sebelum memulai pelajaran, kompetensi profesional
dan kepribadian guru PAI yang bagus, adanya minat dan antusias siswa dalam
mengikuti pelajaran baca tulis al-Qur’an (BTQ) serta adanya peran orang tua.
Sedangkan faktor penghambat guru PAI dalam meningkatkan kemampuan
membaca al-Qur’an siswa kelas IX di SMPN 8 Pamekasan. yaitu kurangnya
waktu, ketaatan siswa, antusiasme dan minat sebagian siswa serta rasa malas.
Tidak tersedia versi lain