Text
PENERAPAN METODE TILAWATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI DI RA DARUL ULUM MANI’AN MAJUNGAN PADEMAWU PAMEKASAN
ABSTRAK
Selfi Yatul Aini,2020 “Penerapan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini Di RA Darul Ulum Mani’an Majungan Pademawu Pamekasan” Skripsi,Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing : Rasidi, M.Pd.I.
Kata kunci : Metode Tilawati, Membaca Al-Qur’an.
Metode Tilawati adalah metode pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menekankan pendekatan yang seimbang antara pembiasaan melalui klasikal dan kebenaran membaca melalui individual dengan teknik baca simak. Salah satu lembaga yang menerapkan metode tilawati adalah RA Darul Ulum Mani’an Majungan Pademawu Pamekasan. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan lulusan yang lancar serta fasih membaca Al-Qur’an.
Kajian pokok yang tersaji dalam penelitian ini yaitu: Pertama, Bagaimana penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an pada Anak Usia Dini di RA Darul Ulum Mani’an Majungan Pademawu Pamekasan. Kedua, apa saja kelebihan dan kekurangan pada penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an pada Anak Usia Dini di RA Darul Ulum Mani’an Majungan Pademawu Pamekasan. Ketiga, Apa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an pada Anak Usia Dini di RA Darul Ulum Mani’an Majungan Pademawu Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang memaparkan data secara deskriptif, dengan jenis penelitian fenomenologis. Data yang diperoleh yaitu dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Menggunakan teknik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti, dan triangulasi.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tilawati di RA Darul Ulum Mani’an Majungan Pademawu Pamekasan berjalan denggan baik, walaupun sebenarnya masih terdapat faktor penghambat akan tetapi tidak menjadi penghalang besar terhadap penerapan metode tilawati ini.
Selanjutnya, terdapat beberapa kelebihan serta kekurangan pada penerapan metode tilawati yaitu Menyeimbangkan pendekatan pembelajaran secara klasikal dan individual. Kedua,Disusun secara praktis sehingga mudah dipelajari. Ketiga, Menekankan pada kemampuan peserta didik untuk dapat membaca al-Qur’an secara tartil. Keempat, Menggunakan variasi lagu-lagu tilawah dalam membaca al-Qur’an sehingga tidak membosankan. Adapun kekurangan dari metode Qiroati yaitu bagi yang tidak lancar lulusnya juga akan lama karena metode ini lulusnya tidak ditentukan oleh bulan/tahun.
Adapun faktor pendukung penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an pada Anak Usia Dini di RA Darul Ulum Mani’an Majungan Pademawu Pamekasan antara lain adalah Semangat guru dalam menerapkan metode tilawati, Wali murid yang bisa diajak kerja sama dalam penerapan metode Tilawati, Metode yang mudah, sehingga tidak membuat anak tertekan.
Sedangkan Faktor penghambatnya adalah antara lain, Kurangnya sarana sehingga menggunakan satu pendekatan saja. Sifat anak yang berebut, ingin lebih dulu mengaji padahal sudah ada giliran masing-masing. Hal ini akan terlihat seperti adanya pertikaian kecil antar anak. Kendala yang dihadapi guru pada penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an pada Anak Usia Dini di RA Darul Ulum Mani’an Majungan Pademawu Pamekasan yaitu terdapat 3 kendala. Pertama, Kendala yang berhubungan dengan tingkat pengetahuan anak didik. Kedua, Kendala yang berhubungan dengan tingkat penguasaan materi. Ketiga, Kendala yang Berhubungan dengan Pengelolaan Kelas dan Metode Mengajar.
Mengingat pentingnya belajar membaca al-Qur’an sejak dini maka disarankan bagi Guru lembaga pendidikan untuk selalu memberikan semangat kepada anak didik sehingga bisa meningkatkan kualitas peserta didik dalam pembelajaran membaca al-Qur’an di RA Darul Ulum Mani’an Majungan Pademawu Pamekasan.. Bagi wali murid RA Darul Ulum Mani’an Majungan Pademawu Pamekasan hendaknya selalu mendukung kegiatan yang ada disekolah dan melaksanakan peranannya dalam mendidik anak, memberikan bimbingan, motivasi, contoh yang baik, karena pendidikan anak merupakan kewajiban orang tua.
Tidak tersedia versi lain