Text
PENGARUH KONSELING INDIVIDUAL TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENGURUS OSIS DI MA AL-ISLAMIYAH 1 SUMBER BATU BLUMBUNGAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Faizatul Azizah Zaida, 2020, Pengaruh Konseling Individual Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pengurus OSIS di MA Al-Islamiyah 1 Sumber Batu Blumbungan Pamekasan, Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pembimbing: Drs. H. Saiful Arif, M.Pd.
Kata Kunci: Konseling Individual dan Prestasi Belajar Pengurus OSIS
Guru bimbingan dan konseling dalam hal ini sebagai seorang yang memiliki keahlian dalam bidang bimbingan harus dapat menunjukkan kinerja yang mampu membantu para peserta didik untuk memahami bakat dan minat yang dimiliki sehingga mereka bisa mencapai masa depannya. Guru bimbingan dan konseling memiliki peran penting dalam lembaga pendidikan dan mempunyai tugas yang berat dalam mengayomi siswa. Salah satu tugas guru bimbingan konseling adalah memberikan layanan konseling individual kepada siswa yang mempunyai masalah.
Berdasarkan hal tersebut, maka permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu pertama, adakah pengaruh konseling individual terhadap peningkatan prestasi belajar pengurus OSIS di MA Al-Islamiyah 1 sumber batu Blumbungan Pamekasan? Kedua, seberapa besar pengaruhnya konseling individual terhadap peningkatan prestasi belajar pengurus OSIS di MA Al-Islamiyah 1 sumber batu Blumbungan pamekasan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan statistik yang sifatnya adalah korelasi, yaitu mencari hubungan antara variabel satu dengan variabel lain: dalam hal ini mencari pengaruh konseling individual terhadap peningkatan prestasi belajar pengurus OSIS. Lokasi penilitian ini dilaksanakan di MA Al-Islamiyah 1 sumber batu Blumbungan Pamekasan. Dengan populasi sebanyak 50 siswa, karena keseluruhan pengurus OSIS disini hanya 50 siswa sehingga dalam penelitian ini menggunakan seluruh populasi Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebagai data primer, sedangkan observasi dan dukumentasi sebagai data sekunder. Teknik data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis dan statistik, yaitu teknik korelasi product moment.
Dari penelitian yang dilakukan dan berdasrkan hasil analisis data dapat diperoleh kesimpulan, bahwa terdapat pengaruh konseling individual terhadap peningkatan prestasi belajar pengurus OSIS di MA Al-Islamiyah 1 sumber batu Blumbungan Pamekasan. Hal tersebut diketahui dengan adanya nilai r kerja sebesar 0,739 yang lebih tinggi dari kritik moment baik pada interval kepercayaan 99% sebesar 0,361. Dari nilai r kerja 0,739 diketahui berada antara 0,600 sampai dengan 0,800 dengan interprestasi cukup. Sehingga hipotesis (Ha) ditolak, sedangkan hipotesis cukup (Ho) diterima.
Tidak tersedia versi lain