Text
Implikasi Kualitas Layanan Aplikasi Mobile Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Nuri Jatim Cabang Pamekasan Kota
ABSTRAK
Renaldy Diaz Suryawan, 2020, Implikasi Kualitas Layanan Aplikasi Mobile
Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan
Syariah Nuri Jatim Cabang Pamekasan Kota, Skripsi, Program Studi
Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura,
Pembimbing: Dr. Eko Ariwidodo, M.Phil.
Kata Kunci: Kualitas Layanan Aplikasi Mobile, Kepuasan Anggota.
Persaingan dunia bisnis menjadi semakin ketat terutama pada lembaga
keuangan. Ketatnya persaingan dalam dunia bisnis, terutama dalam sektor
lembaga keuangan Membuat perkembangan internet kini dilakukan dengan selfservice. Inovasi self-service kepada konsumen merupakan cara untuk memberikan
lebih banyak kontrol di tangan mereka sendiri. Perkembangan tekhnologi
informasi, telekomunikasi dan internet menyebabkan munculnya aplikasi yang
berbasis internet pada Smartphone. Salah satu fasilitas yang dilakukan dengan
self-service yaitu layanan tekhnologi Mobile banking. Tidak tertinggal dengan
lembaga keuangan perbankan, lembaga keuangan non-bank juga memiliki aplikasi
mobile tersendiri yaitu CashCoop Mobile. Salah satu lembaga yang memiliki
aplikasi ini adalah Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Nuri Jatim
Cabang Pamekasan Kota.
Tujuan penelitian ini yaitu : Pertama, Untuk mengetahui implikasi
kualitas layanan aplikasi mobile terhadap kepuasan anggota Koperasi Simpan
Pinjam dan Pembiayaan Syariah Nuri Jatim Cabang Pamekasan Kota. Kedua,
Untuk mengetahui seberapa besar implikasi kualitas layanan aplikasi mobile
terhadap kepuasan anggota Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah
Nuri Jatim Cabang Pamekasan Kota.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik analisis
regresi linear sederhana, dengan bantuan aplikasi analisis SPSS versi 23. Jenis
data yakni data primer. Respondennya sebanyak 67 anggota KSPPS Nuri Jatim
Cabang Pamekasan. Pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling,
yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner (angket), observasi, dan
dokumentasi. Pembuktian hipotesis dengan uji asumsi klasik, regresi linear
sederhana, uji t, koefisien korelasi dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini
menggunakan analisis regresi linear sederhana menyatakan bahwa kualitas
layanan aplikasi mobile berimplikasi terhadap kepuasan anggota. Hasil analisis uji
t, diketahui ttabel sebesar 1,99714, t hitung diperoleh sebesar 8,847 dengan taraf
signifikan 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa t hitung > t tabel dan taraf signifikan
sebesar 0,000 < 0,05, artinya kualitas layanan aplikasi mobile berimplikasi secara
signifikan terhadap kepuasan anggota Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan
Syariah Nuri jatim Cabang Pamekasan Kota. Hasil Koefisien Korelasi sebesar
73,9%, artinya variabel independen dengan variabel dependen hubungannya kuat.
Hasil Koefisien Determinasi dalam variabel independen menjelaskan variabel
dependen sebesar 54,6%. Sedangkan sisanya (100% - 54,6% = 45,4%)
dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diperhitungkan dalam
analisis penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain