Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN CUSTOMER SERVICE DAN TELLER TERHADAP CITRA BANK PEMBAYAAN RAKYAT SYARIAH SARANA PRIMA MANDIRI PAMEKASAN
ABSTRAK
Ferdiana Imami,2020, Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service dan Teller
Terhadap Citra Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Sarana Prima Mandiri
Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam, Pembimbing: Dr. Rudy Haryanto, SST. MM.
Kata Kunci:Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan
Kualitas layanan merupakan salah satu hal penting dan utama dalam
pemasaran, khususnya dalam perusahaan jasa, karena hal ini mempengaruhi
pelanggan selain permintaan, harga, nilai, dan kepuasan, dan jika kualitas semakin
bagus, maka akhirnya akan menciptakan citra yang bagus pula bagi perusahaan
tersebut. Dengan kualitas layanan yang semakun baik, maka akan menunjukkan
sejauh mana perusahaan tersebut mampu bertahan dan mengembangkan kualitas
serta eksistensinya.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, adakah pengaruh kualitas pelayanan
Costumer Service dan Teller terhadap citra perusahaan di Bank Pembiayaan
Rakyat Syariah Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Kedua, seberapa besar
pengaruh kualitas pelayanan Costumer Service dan Teller terhadap citra
perusahaan di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Sarana Prima Mandiri
Pamekasan.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu
menggunakan analisis statistik dan angka-angka. Populasi peneliotian yaitu
nasabah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Sarana Prima Mandiri Ppamekasan
dan teknik pengambilan sampling pada penelitian ini adalah Nonprobability
Sampling (sampling Insidental) yaitu siapa saja yang secara kebetulan/insidental
bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel. Teknik analisa dalam
penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil perhitungan secara simultan diperoleh Fhitung sebesar 12,377 > Ftabel
sebesar 2,18 yang berarti menerima hipotesis ada pengaruh secara signifikan
antara Compliance, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Tengible
terhadap Citra Perusahaan. Sedangkan hasil uji parsial Variabel Compliance
diperoleh Thitung sebesar 0,297 yang berarti tidak berpengaruh secara signifikan,
untuk variabel Reliability diperoleh Thitung sebesar 0,982 yang berarti tidak
berpengaruh secara signifikan, untuk variabel Responsiveness diperoleh Thitung
sebesar 1,727 yang berarti tidak berpengaruh secara signifikan, untuk variabel
Assurance diperoleh Thitung sebesar 3,311 yang berarti ada pengaruh secara
signifikan, untuk variabel Empathy diperoleh Thitung sebesar 0,245 yang berarti
tidak berpengaruh secara signifikan. Dan untuk variabel Tengible Thitung sebesar
3,159 yang berarti ada pengaruh secara signifikan. Sehingga Assurance dan
Tengible merupakan variabel paling dominan berpengaruh terhadap Citra Bank
Pembiayaan Rakyat Syariah sarana Prima Mandiri Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain