Text
ANALISIS KUALITAS LAYANAN BANK BPRS BHAKTI SUMEKAR INTERNET MOBILE BANKING (BBS MOBILE) KANTOR CABANG MADYA PAMEKASAN
ABSTRAK
Ach. Ardian Arfan, 2020, Analisis kualitas layanan bank BPRS Bhakti
Sumekar Internet Mobile Banking (BBS Mobile) kantor cabang madya
Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan
Bisnis Islam, Pembimbing : Moch. Cholid Wardi, M.H.I
Kata Kunci : Pelayanan, Mobile banking.
Ketatnya persaingan dalam hal ini pelayanan, membuat perkembangan
pelayanan kini dilakukan secara self service. Inovasi self service kepada
konsumen merupakan cara untuk memberikan lebih banyak kontrol di tangan
mereka sendiri hal tesebut dilakukan oleh BPRS Bhakti Sumekar sebagai
Lembaga Keuangan milik Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep mengeluarkan
produk layanan jasa online yang diberi nama Bank BPRS Bhakti Sumekar
Internet Mobile Banking (BBS Mobile) atau bisa disebut dengan M-Banking dan
sudah tertdaftar di OJK (ototritas jasa keuangan) dan diawasi oleh LPS (Lembaga
penjamin simpanan) yang khusus untuk mempermudah para nasabah dalam
melakukan transaksi keuangan kapan saja dan dimana saja, tanpa terbatas oleh
waktu.
Berdasarkan hal tersebut, maka fokus penelitian dalam penelitian ini ada
dua yaitu : pertama, Bagaimana prosedur layanan bank BPRS Bhakti Sumekar
Internet Mobile Banking (BBS Mobile) kantor cabang madya Pamekasan; kedua,
Bagaimana deskripsi kualitas layanan bank BPRS Bhakti sumekar Internet Mobile
Banking (BBS Mobile) kantor cabang madya Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, Sumber data
yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya
adalah karyawan PT. BPRS Bhakti Sumekar kantor pusat Sumenep dan kantor
Cabang Pamekasan beserta beberapa nasabah kantor cabang Pamekasan yang
menggunakan aplikasi tersebut.
Hasil penelitian bahwa Prosedur layanan BBS Mobile harus memiliki
tabungan barokah, memiliki e-KTP dan juga memiliki smartphone android yang
memilik versi minimal 5.0-5.1.1 (Lollipop) keatas serta kepemilikan nomor
handphone yang aktif dan mengisi formulir. Sedangkan untuk deskripsi kualitas
BBS Mobile ini sama dengan layanan M-Banking lainnya yang sebelumnya harus
datang langsung ke bank ketika malakukan transaksi dan mendapatkan bukti
transaksi secara nyata, maka dengan adanya aplikasi ini nasabah lebih menghemat
waktu, namun ketika selesai transaksi nasabah tidak mendapatkan bukti transaksi
secara nyata melaikan hanya rincian transaksi yang dikirim lewat pemberitahuan
di handphone atau notifikasi SMS.
Tidak tersedia versi lain