Text
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH BPRS SARANA PRIMA MANDIRI PAMEKASAN DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
ABSTRAK
Moh. Alfiannor, 2020, Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah
BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan dengan Kepuasan Nasabah Sebagai
Variabel Intervening, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura, Pembimbing: Fatati Nuryana, M.Si
Kata Kunci:Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah, Loyalitas Nasabah
Pada dasarnya unsur-unsur dari kualitas layanan akan menciptakan
kepuasan dan loyalitas bagi para pelanggan. kualitas layanan haruslah optimal dan
diharapkan akan mampu memenuhi harapan pelanggan sehingga menciptakan
kepuasan dan loyalitas perusahaan untuk menjaga kelangsungan hidup suatu
perusahaan ditengan persaingan yang ketat.Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah BPRS Sarana
Prima Mandiri Pamekasan dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel
Intervening.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah populasi nasabah
BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan sebanyak 9653 nasabah. Pengambilan
jumlah sampel sebanyak 99 nasabah menggunakanaccindental sampling, teknik
penentuan berdasarkan kebetulan. Alat analisis pada penelitian ini menggunakan
bantuan SPSS versi 20. Metode analisis yang digunakanadalah analsis regresi, uji
kualitas data (uji reliabiltas dan uji validitas), uji asumsi klasik (uji
multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji normalitas) dan
analisis jalur (path analisis).
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama,Kualitas
layanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah di
BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan dengan signifikan sebesar 0,000< 0,05
dan nilai thitung 6,633 > ttabel1,660. Kedua,kualitas layanan secara parsial
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah di BPRS Sarana Prima Mandiri
Pamekasan dengan signifikan 0,000< 0,05 dan nilai thitung7,223 > ttabel 1,661,
sedangkan kualitas layanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas nasabah di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan dengan signifikan
sebesar 0,000< 0,05 dan nilai Fhitung 117,743 > Ftabel3,090 . Ketiga,kepuasan
nasabah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah di BPRS
Sarana Prima Mandiri Pamekasan dengan signifikan sebesar 0,000< 0,05 dan nilai
thitung 7,195 > ttabel 1,661, sedangkan kepuasan nasabah secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah di BPRS Sarana Prima Mandiri
Pamekasan dengan signifikan sebesar 0,000< 0,05 dan nilai Fhitung 117,743 >
Ftabel3,090. Keempat, hasil path analisis atau analisis intervening menunjukkan
bahwa kualitas layanan berpengaruh tidak langsung terhadap lyalitas nasabah
BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. hal ini dibuktikan dengan nilai Zvalue
sebesar 69,6236 lebih besar dari pada nilai Ztabel 1,660.
Tidak tersedia versi lain