Text
STRATEGI PEMASARAN SIMPANAN PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT MENABUNG MASYARAKAT DI KSPPS DARULHIKMAH MITRA SEJAHTERA (DMS) SUMBER PAPAN II PAMEKASAN
ABSTRAK
Muzainatul Hoiroh, 2020, “Strategi Pemasaran Simpanan Pendidikan untuk Meningkatkan
Minat Menabung Masyarakat Di KSPPS DarulHikmah Mitra Sejahtera Sumber Papan II
Pamekasan”. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam,
Pembimbing: Fatati Nuryana M.Si.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, KSPPS DarulHikmah Mitra Sejahtera (DMS)
KSPPS DarulHikmah Mitra Sejahtera Sumber Papan II Pamekasan menerapkan berbagai
macam produk penghimpun dana yang salah satunya adalah produk simpanan pendidikan. Dengan
adanya produk simpanan pendidikan, maka diperlukan sebuah cara agar bisa menarik minat calon
nasabah, salah satunya dengan cara strategi pemasaran. Oleh karena itu, ada tiga hal yang menjadi
fokus permasalahan dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana strategi pemasaran pada simpanan
pendidikan di KSPPS DarulHikmah Mitra Sejahtera Sumber Papan II Pamekasan. 2) Bagaimana
dampak strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah minat menabung di KSPPS DarulHikmah
Mitra Sejahtera Sumber Papan II Pamekasan. 3) Apa saja kekuatan, kelemahan, peluang dan
ancaman dalam meningkatkan minat menabung di KSPPS DarulHikmah Mitra Sejahtera Sumber
Papan II Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif
deskriptif, Data yang diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi dan wawancara dengan pihak
KSPPS DMS Sumber Papan II. Observasi dilakukan terhadap letak geografis, pelayanan dan
proses pemasaran di KSPPS DMS Sumber Papan II Pamekasan, dokumentasi yang dikumpulkan
berupa bosur, buku-buku catatan dan foto.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pemasaran yang dilakukan adalah dengan
menggunakan Segmenting, Targeting dan positioning dan menggunakan Analisis SWOT (SWOT
Analysis). Segmenting dilakukan dengan cara memilah-milah pasar terlebih dahulu, targeting
dengan cara tidak hanya menfokuskan pada satu pasar saja tapi untuk beberapa wilayah yang bisa
dijangkau, dan positioning dengan cara mengatasnamakan koperasi syariah yang berdasarkan
hukum-hukum Islam. 2) Dampak dari strategi pemasaran segmenting, targeting dan positioning
cukup baik sehinga dapat meningkatkan minat menabung masyarakat. 3) Analisis SWOT pada
simpanan pendidikan antara lain adalah: a) kekuatan dari produk ini tidak dikenakan potongan tiap
bulannya, proses pendaftaran sangat mudah dan murah, mendapatkan nisbah bagi hasil 40%. b)
Kelemahan dari produk ini hanya bisa diambil satu tahun sekali menjelang tahun ajaran baru, tidak
menayangkan sponsor di TV ataupun radio, banyaknya masyarakat awam yang tidak bisa
mengoperasikan sosial media dan masih belum dikenal masyarakat global seperti halnya BMT NU
Jatim. c) Peluang dari produk ini yaitu menggunakan lebel syariah menggunakan media cetak dan
sosial media sebagai promosi, memberikan pelayanan yang baik, ramah dan sopan kepada
masyarakat. d) Ancaman yang dialami KSPPS DarulHikmah Mitra Sejahtera disini disebabkan
karena adanya kompetitor.
Tidak tersedia versi lain