Text
STRATEGI PENERAPAN BUDAYA MUTU MADRASAH UNGGUL DI MAN 2 PAMEKASAN
ABSTRAK
Moh. Fauzan, Strategi Penerapan Budaya Mutu Madrasah Unggul di MAN 2
Pamekasan, Skripsi Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura,
Pembimbing Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd.
Kata Kunci : Strategi, Budaya Mutu, Madrasah Unggul
Dalam konteks madrasah aliyah budaya mutu madrasah merupakan
perangkat sistem nilai-nilai, keyakinan-keyakinan, asumsi-asumsi, atau normanorma yang berlaku di madrasah, disepakati oleh dan diikuti warga madrasah aliyah
sebagai pedoman perilaku pemecahan berbagai masalah di madrasah tersebut,
untuk mempertahankan mutu. Karena budaya mutu madrasah yang kuat sangat
signifikan untuk mendukung tujuan madrasah yang lemah akan mengambat
madrasah tersebut untuk mencapai tujuannya.
Mutu dapat dijamin dengan cara memastikan bahwa setiap individu
memiliki bidang yang diperlukannya untuk menjalankan pekerjaaan dengan tepat.
Mutu memerlukan waktu, proses dan ketelatenan untul mewujudkan ide-ide baru
dengan baik sejak awal. Dalam sebuah lembaga yang bermutu yang baik lahir dari
disiplin bersama, tanggung jawab bersama, dan komitmen bersama, sehingga
tercipta madrasah yang unggul dan efektif.
Madrasah efektif ditentukan oleh orientasi produk sekolah, yaitu lulusan
yang diharapkan, kelengkapan organisasi, yaitu pemerolehan sumber daya,
motivasi kerja guru, serta model evaluasi pengukuran hasil belajar yang disepakati
dan berkesinambungan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga pembahasan yang
menjadi kajian pokok di dalam penelitian ini, yaitu pertama bagaimana strategi
kepala madrasah dalam menerapkan budaya mutu madrasah di MAN 2 Pamekasan,
kedua bagaimana pelaksanaan kepala madrasah dalam penerapan budaya mutu
madrasah di MAN 2 Pamekasan,hasil penerapan budaya mutu madrasah di MAN 2
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif
sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informannya adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru yang di ikut
sertakan dalam perencanaan dan pelaksanaan budaya mutu madrasah dan murid
yang terlibat dalam penerapan budaya mutu madrasah.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Pertama,perencanaan penerapan
budaya mutu madrasah sudah dikatan bagus, kepala madrasah mengadakan rapat
sosialisasi kepada seluruh guru di madrasah dan komite madrasah dalam
merumuskan perencanaan program yang akan diterapkan mengenai budaya mutu
madrasah. Kedua, pelaksanaan penerapan budaya mutu madrasah, kepala madrasah
menggunakan beberapa strategi yaitu : a. Mensosialisasikan kepada seluruh siswa
melalui guru bk dan waka bagian kesiswaan b. Menjalin kerjasama dengan pihak
luar c. Membiasakan penyambutan siswa d. Kegiatan rutinitas mengaji dan solat
berjemaah d. Menambah kelas mata pelajaran. Ketiga, dampak penerapan budaya
mutu madrasah, terdapat dua dampak positif dalam penerapan budaya mutu
madrasah ini yaitu : a. Dampak bagi madrasah, madrasah dapat menambah nilai
jual madrasah dan dapat menambah kemajuan madrasah b. Dampak bagi siswa,
siswa dapat menambah pemahaman tentang agama, etika dan kesopanan dan
meningkatkan prestasi siswa di akademik maupun non akademik.
Tidak tersedia versi lain