Text
MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENGEMBANGKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MTs NEGERI 1 PAMEKASAN
ABSTRAK
M Adi Kulsum , 2020. Manajeman Peserta didik dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan. Tugas Akhir. Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Jurusan Tarbiyah. Institut Agama Islam Negeri Madura. Pembimbing: Dr. R. Agoes Kamaroellah, M.Si
Kata Kunci : Manajemen Peserta didik, Disiplin Siswa.
Manajemen peserta didik merupakan seluruh proses serangkaian kegiatan yang direncanakan dan diusahakan secara sengaja serta pembinaan melaui keiatan internal dan eksternal harian secaara kontinu terhadap seluruh peserta didik dalam lembaga pendidikan agar proses pembalajaran berjalan efektif dan efisien.Tujuan agar dapa mencegah kemerosotan akhlak dan budi pekerti pemuda pemudi penerus bangsa.
Berdasarkan hal tersebut peneliti menfokuskan pada lima masalah, pertama Bagaimana perencanaan peserta didik dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan? kedua Bagaimana pengelompokan peserta didik dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan ? Ketiga bagaimana pelakanaan peserta didik dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan ? keempat bagaimana evaluasi peserta didik dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan? bagaimana faktor pendukung dan penghambat peserta didik dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di MTs Negeri 1 Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis deskriptif. Dan sumber data yang diperoleh melalui wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Informasinya adalah wakil ketua kesiswaan, kepala sekolah, bimbingan konseling dan sebagian guru yang dapat memberikan informasi terkait kedisilinan siswa.
Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pertama, merencanakan dua kegiatan yang pertama kegiatan internal meliputi: menentukan kebijakan berstandarisasi madrasah, penerimaan peserta didik baru, pembinaan dan bimbingan siswa, Sosialisasi tata tertib siswa, penyambutan siswa, dan tim penegak disiplin. Sedangkan kegiatan yang kedua kegiatan eksternal, meliputi: sosialisasi kepada wali murid, kerja sama dengan masyarakat sekitar, dan kerjasama dengan penegak hukum. Kedua pengelompokkan berdasarkan kemampuan, minat dan bakat siswa tujuan agar dapat satu pemikiran dan memunculkan bibit disiplin. Ketiga pelaksanaan meliputi kegiatan internal siswa selalu diberikan motivasi dan control secara rutin kepada siswa di dalam lingkungan madrasah dilingkungan sekolah. Sedangkan dalam kegiatan eksternal dilaksanakan dalam bentuk kontrol dari luar madrasah baik pada masyarakat, orang tua, dan penegak hukum yang memang saling bekerja sama. Keempat evaluasi dilakukan evaluasi awal semister ganjil serta akhir semister genap dan evaluasi tidak terjadwal/kondisional. Kelima faktor pendukung dalam mendisiplinkan siswa pertama seluruh stakeholder madrasah memiliki tujuan dan visi yang sama jika stakehoder memiliki visi yang sama. Sedangkan faktor penghambat dalam mendisiplinkan siswa disini pertama control orang tua yang kurang. Kedua semakin canggih teknologi (hanphone), dan ketiga pergaulan. jadi dengan dua kegiatan ini siswa dapat disiplin di madrasah.
Tidak tersedia versi lain