Text
IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM 2013 DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMP NEGERI 2 LARANGAN PAMEKASAN
Abstrak
Sholeh, 2019, Implementasi Manajemen Kurikulum 2013 dalam Membentuk Karakter
Religius Siswa di SMP Negeri 2 Larangan Pamekasan, Skripsi, Program
Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura,
Pembimbing: Dr. Buna`i, S.Ag.,M.Pd
Katakunci: kurikulum 2013, karakter religius.
Kurikulum merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dan
perlu dirumuskan dengan matang, termasuk perumusan kurikulum dalam membentuk
karakter religius siswa.Untuk mewujudkan kurikulum yang baik perlu dilakukan
pengelolaan atau manajemen kurikulum, khususnya kurikulum 2013.Kurikulum 2013
perlu di rumuskan dengan matang, mulai dari perencanaan kuriukulum, pelaksaan
kurikulum, hingga evaluasi kurikulum. Tiga elemen ini akan sangat berpengaruh
terhadap pembentukan karakter siswa (religius).
Berdasarkan hal tersebut peneliti mem fokuskan pada tiga masalah pertama,
Bagaimana perencanaan kurikulum 2013 dalam membentuk karakter religius siswa di
SMPN 2 Larangan Pamekasan?Kedua, bagaimana pelaksanaan kurikulum 2013
dalam membentuk karakter religius siswa di SMPN 2 Larangan Pamekasan?Ketiga
bagaimana evaluasi kurikulum 2013 dalam membentuk karakter religius siswa di
SMPN 2 Larangan Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian
deskriptif.Informennya adalah kepala sekolah SMP Negeri 2 Larangan Pamekasan,
waka kurkkulum dan salah satu guru mata pelajaran agama.Metode pengecekan
keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan
dan triangulasi.Sedangkan tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti dalam
menganalisis data diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, perencanaan kurikulum 2013
di SMP Negeri 2 Larangan Pamekasan dilakukan sebelum memasuki tahun ajaran
baru, dengan dihadiri oleh semua elemen sekolah, mulai dari kepala sekolah, jajaran
guru, tanaga kependidikan dan sebagian siswa. Dalam proses perencanaan ini ada dua
fokus pembahasasn, yaitu perumusan tujuan kurikulum dan perumusan isi atau
struktur kurikulum. Kedua, pelaksaan kurikulum 2013 dalam memebentuk karakter
relgius pada dasarnya terintegrasi pada setiap mata pelajaran, dalam artian masingmasing guru tidak hanya menyampaikan materi saja, melainkan juga memberikan
pemupukan dan pahaman tentang keagamaan yang nantinya akan bermuara terhadap
pembentukan karakter religius siswa. Selain pelaksaan di dalam ada juga beberapa
program khusus yang dilaksanakan, diantaranya Sholat Duha bersama, Tadarus, baca
tulis Al-Qur`an, Tahfidul Qur`an dan jum`at bersih dan beramal. Ketiga, evaluasi
kurikulum dilakukan dengan beberapa tahap, tahap pertama evaluasi dilakuakan pada
akhir semester satu (I) dan tahap kedua evaluasi dilakukan pada akhir semester dua
(II).Tahap ini dilakukan untuk mengatahui sejauh mana tingakat keberhasilan ataupun
tingkat kegagalan dari kurikulum yang diterapkan.Selain itu evaluasi juga dilakukan
oleh masing-masing guru.
Tidak tersedia versi lain